Bulan Depan Penerapan Tilang Elektronik di Jakarta Diperluas

0
tilang elektronik diperluas

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ditlantas Polda Metro Jaya akan memperluas penerapan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) di DKI Jakarta. Dalam waktu dekat akan ada penambahan 45 kamera ETLE untuk menindak para pelanggar lalu lintas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menuturkan, penerapan perluasan ETLE ini akan dimulai bulan Februari 2020, di sejumlah ruas jalan di Jakarta.

“Harapan kami bisa lebih efektif lagi mengurangi jumlah pelanggar lalu lintas dan kecelakaan,” tutur Fahri ketika dihubungi ROCKOMOTIF, Rabu (15/1/2020).

Baca juga: Tilang Elektronik Bakal Diterapkan pada Pengguna Sepeda Motor

Penerapan ETLE ini akan menyebar ke beberapa ruas jalan. Tetapi, fokus di jalan protokol seperti Jalan Tomang Raya dan Jalan Slipi, dan lain sebagainya, di mana di jalan itu banyak pelanggaran lalu lintas.

Proses perluasan tilang elektronik masih dalam tahap persiapan dan instalasi kamera ETLE. Sebelum diterapkan, akan ada jadwal sosialisasi selama kurang lebih 10 hari, agar masyarakat mengetahui ada perluasan tilang elektronik.

“Kita persiapkan terlebih dulu, dan kami harapkan bulan depan sudah bisa berjalan sesuai dengan rencana,” jelas Fahri.

Siap Diterapkan Tilang Elektronik di Tol dan Jalur Transjakarta

Selain di jalan protokol di DKI Jakarta, aturan ini bakal diterapkan di jalan tol dan jalur Transjakarta.

Bahkan, kini beberapa kamera tilang elektronik sudah dipasang, dan sedang dilakukan uji coba sebelum diterapkan oleh Polda Metro Jaya, Jasa Marga, dan Transjakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus tahap awal sudah terpasang 4 kamera CCTV di sejumlah ruas jalan tol. Kamera pengintai itu, merupakan milik Jasa Marga yang punya tingkat kecanggihan yang tidak jauh berbeda dengan punya Polda Metro Jaya.

“Ada uji coba 4 kamera dari Jasa Marga, itu ada di Jalan Tol Prof Sedyatmo, Tanjung Duren, JORR, terakhir Cikampek,” ujar Yusri di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Tilang Elektronik Bakal Diterapkan pada Pengguna Sepeda Motor

Sebelumnya, lanjut Yusri dua kamera telah dipasang di jalur Transjakarta. Adapun dua kamera tersebut di pasang di dua titik berbeda di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut dia, pihaknya masih melakukan ujicoba kamera ETLE, baik yang terpasang di ruas jalan tol, maupun di jalur Transjakarta.

Kamera tilang elektronik itu terpasang di jalur busway wilayah Jakarta Selatan. Yusri menyebut pihaknya masih menguji coba kamera E-TLE baik yang terpasang di tol maupun yang terpasang di halte busway.

LEAVE A REPLY