Cara Mencegah Warna Cat Mobil Cepat Memudar

0
cat mobil pudar

ROCKOMOTIF, Jakarta – Anda pasti pernah melihat warna cat mobil pudar atau tidak seperti biasanya. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya pemilik mobil itu tidak peduli ketika parkir.

Maksudnya, disimpan di sembarang tempat tanpa memikirkan apakah ada atapnya atau tidak. Sebab, jika parkir di tempat terbuka dan terlalu sering kena sorotan sinar matahari, dan air hujan maka dalam waktu beberapa tahun ke depan kualitas warna cat mobil akan pudar.

Bambang Sulistiyanto, Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur menuturkan, ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil agar cat tidak mudah kusam atau pudar.

Cara pertama, yakni hindari penggunaan shampoo atau sabun yang bukan khusus untuk mobil, atau yang memiliki kandungan PH tinggi. Sebaiknya cuci di tempat khusus atau menggunakan air biasa saja.

Baca juga: Kenali Faktor yang Mampu Menurunkan Kualitas Cat Mobil

“Shampoo atau sabun biasa akan membuat cat cepat pudar, low gloss, anti UV, berkurang sehingga cat cenderung terlihat lebih low chrom,” tutur Bambang di Jakarta belum lama in.

Selanjutnya cara kedua, pemilik mobil juga disarankan tidak sembarangan ketika memilih tempat parkir. Usahakan selalu menyimpan mobil di tempat yang tertutup bagian atasnya.

Sebab dalam waktu jangka panjang, bisa menyebabkan cat mobil menjadi kusam.

“Ketahanan cat akan berkurang jika sering terkena sinar matahari langsung. Belum lagi sering kena air hujan dan membiarkan kering sendiri, akan lebih cepat kusamnya,” tandas Bambang.

LEAVE A REPLY