Ban Mobil ini Lebih Baik Dari Kompetitornya Karena Teknologi Shinobi

0
Ban mobil dunlop LM705

ROCKOMOTIF, Cikarang – Setelah merilis produk ban mobil terbarunya, PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) pun membuktikan keunggulan dari ban Dunlop SP Sport LM705 ini. Bertempat di Central Park, Meikarta, Cikarang, Bekasi, pengujian ban terbaru yang diklaim lebih baik dari model sebelumnya dan juga kompetitornya ini melalui serangkaian pengujian.

Mulai dari Comfort Test, Noise Test, High Speed Lane Change Test, dan Stability Test dilakukan dalam kondisi basah karena cuaca hujan. Tentunya pihak Surindo tidak berkecil hati, karena dengan hujan tentu akan semakin menunjukkan keunggulan dari Dunlop LM705 ini.

Sebelum pengujian, Hendra Himawan, GM Sales Plan & Admin PT Sumi Rubber Indonesia menjelaskan, produk Dunlop SP Sport LM705 ini menggunakan teknologi Dunlop terbaru yang disebut teknologi Shinobi.

“Teknologi Shinobi adalah Teknologi Baru Dunlop dalam hal desain ban (profil + pola telapak), yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban untuk meredam getaran ban di jalan bergelombang, jelas Hendra.

Baca juga: Dunlop Hadirkan Ban Mobil Baru yang Lebih Senyap

Dalam proses pengujian ini, mobil yang digunakan sebagai sarana pengetesan adalah Toyota Camry 2.5V. Satu unit menggunakan ban Dunlop LM705 dan satu unit lagi dengan produk ban kompetitor.

Ban kompetitor Bridgeston Turanza

Ban pada kedua mobil disamakan tekanan anginnya, yaitu 35 psi, selain itu pengemudinya pun sama. Fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC) juga diaktifkan. Memang Dunlop hanya menyediakan feeling test bukannya test drive, sehingga mereka menyediakan pengemudi yang dibawa langsung dari Jepang.

Pengujian pun melalui beberapa medan seperti jalan aspal, jalan beton, dan juga jalan yang terdapat rubber sheet atau speed trap yang biasa terdapat di jalan tol. Kecepatan kendaraan pun beragam, saat melakukan uji kenyamanan mobil melaju di kecepatan 40 km/jam dengan melewati rubber sheet tersebut. Begitu juga saat melewati jalan beton untuk menguji kesenyapan dengan kecepatan yang sama.

Pada pengujian ini, ban Dunlop LM705 terasa sedikit lebih senyap dan juga lebih baik meredam getaran. Ini berkat fitur lain yang diunggulkan dari SP Sport LM705 adalah efek peredam kejut dari hentakan jalan. Di mana adanya peningkatan kekuatan dinding ban dibanding model sebelumnya.

Baca juga: Gyroblade, Ban Masa Depan Dunlop Hadir di GIIAS 2019

Pengujian berikutnya adalah High Speed Lane Change Test, di mana mobil berpindah lajur dalam kecepatan tinggi untuk mengukur respon dan stabilitas ban. Perpindahan lajur ini dilakukan di kecepatan 100 km/jam, di mana untuk ban kompetitor terasa sedikit ada efek “membuang” saat perpindahan lajur. Sementara ban Dunlop LM705 ini sangat stabil tanpa adanya efek seperti produk kompetitor.

Perbedaan yang sangat terasa berbeda adalah saat uji stabilitas menghindari cone pada kecepatan 80 kpj. Saat merasakan ban kompetitor, gejala oversteer terasa saat ban belakang bergeser dan sopir harus mengoreksi. Sementara itu, Dunlop SP Sport LM705 terasa stabil dan ban belakang tidak bergeser.

Pengujian kali ini dilakukan dalam kondisi jalan yang terbilang mulus dengan kondisi beberapa tergenang air hujan. Sayangnya pihak Surindo tidak memberikan kesempatan kepada media untuk mengemudikan langsung mobilnya, padahal hasilnya akan lebih efektif dan terukur.

SHARE

LEAVE A REPLY