Wabah Corona Membuat Lesu Industri Otomotif Nasional

0
suasana pameran otomotif Indonesia

ROCKOMOTIF, Jakarta – Merebaknya wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia tidak hanya membuat kepanikan masyarakat, tapi juga para pelaku bisnis. Tidak terkecuali di industri otomotif yang terkena imbas dari virus mematikan ini.

Di awal tahun ini, sudah banyak agenda-agenda otomotif yang terpaksa diundur atau bahkan dibatalkan. Tidak hanya di Indonesia ya, tapi juga dalam skala global. Seperti ajang balap Formula 1 dan juga MotoGP yang harus menunda kalender balap tahun 2020 ini. Ajang Formula E Jakarta pun harus ditunda pelaksanaannya, padahal event ini baru akan berlangsung Juni 2020 mendatang.

Di Tanah Air, ajang pameran otomotif berskala lokal seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya pun terpaksa ditunda. Seharusnya event pameran otomotif ini digelar pada 20 Maret, tapi pihak penyelenggara memutuskan menunda entah sampai kapan.

“Selaku penyelenggara pameran, GAIKINDO dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020. Penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020 akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis pernyataan resmi GAIKINDO.

Baca juga: Akibat Corona Formula E Monas Batal Digelar, Ini Penjelasannya

Tidak hanya event pameran otomotif saja yang terpaksa batal, tapi juga ke acara konferensi pers dengan media. Seperti Honda yang membatalkan acara jumpa pers untuk mengumumkan tim balap mereka, Honda Racing Indonesia yang seharusnya digelar pada Rabu, 18 Maret 2020.

Toyota dan Daihatsu pun sudah memiliki rencana untuk meluncurkan duet mobil LCGC andalannya yaitu Agya dan Ayla. Namun untuk event Toyota dan Daihatsu ini belum ada kabar lebih lanjut apakah batal atau tidak.

Sejatinya setiap tahun, industri otomotif selalu diramaikan dengan acara-acara baik itu pameran atau hanya sekedar peluncuran produk baru. Namun dengan adanya wabah COVID-19 ini, bisa dipastikan semua pihak memilih untuk menunda atau bahkan membatalkan agenda mereka.

Baca juga: Tak Gentar Virus Corona, IIMS 2020 Masih Sesuai Jadwal

Tinggal menunggu pameran otomotif IIMS 2020 yang seharusnya digelar pada April mendatang di JIExpo Kemayoran. Menurut pihak Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, mereka masih menunggu kepastian dari pihak regulator apakah masih mendapat izin untuk melaksanakan acara pameran ini atau tidak.

Jika sampai IIMS pun batal, maka dipastikan hampir semua event besar otomotif di Indonesia akan mengalami istirahat yang cukup lama. Mungkin bisa sampai di semester kedua nanti, tergantung berapa lama wabah corona ini bisa menghilang dari Indonesia.

Jika sudah begini, semua pihak pun menunggu kepastian dari pemerintah dalam menangani pandemi global corona dengan cepat. Karena sebentar lagi mayoritas warga Indonesia pun akan menjalani ibadah puasa dan juga Lebaran. Jika sampai momen sakral ini tiba dan corona masih juga belum selesa, entah apa yang akan dilakukan oleh umat muslim di Negeri ini saat Lebaran tiba. Mungkin hanya silaturahmi melalui video call?

LEAVE A REPLY