Peduli Lingkungan, Isuzu Mulai Kurangi Penggunaan Plastik

0
isuzu diet plastik di internal kantor

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kampanye mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik, memang menjadi gerakan yang terus digalakkan pemerintah. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak serius terhadap lingkungan terkait penggunaan sampah plastik.

Sebagai langkah konkrit untuk mendukung gerakan tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mulai memberlakukan diet plastik di lingkungan internal. Hal ini sekaligus menyelaraskan kegiatan yang juga dilakukan oleh Astra Internasional, sebagai induk dari PT IAMI tersebut.

Adapun langkah yang ditempuh untuk mengurangi penggunaan plastik, IAMI memulainya dengan mengganti wadah untuk makan karyawan yang semula menggunakan plastik diganti menggunakan mangkuk. Dengan begitu, IAMI percaya bahwa diet yang dilakukan bisa mengurangi sampah plastik yang telah membahayakan lingkungan dunia.

Bukan hanya itu, langkah lain yang juga dilakukan adalah dengan mengganti kemasan parcel atau hampers saat Idul Fitri 2020. Untuk mendukung gerakan tersebut, IAMI membagikan bingkisan tidak dengan bahan plastik, melainkan menggunakan kardus.

Baca juga: Isuzu Catat Ada Peningkatan Penggunaan Mobile Service Selama Pandemi

Perlu diketahui bahwa sampah plastik tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Bahkan, akibat banyaknya sampah plastik di lautan, hewan laut pun terancam punah lantaran memberi pengaruh buruk terhadap ekosistem.

“Meskipun langkah tersebut terkesan sederhana dan hanya beberapa gram, namun jumlah yang banyak dikalikan jumlah karyawan IAMI yang lebih dari 800 orang akan memberikan hasil yang berbeda,” ujar presiden director PT IAMI Ernando Demily, dalam keterangan resminya.

Pada HUT Astra ke 63, Isuzu menggunakan momentum ini untuk memulai kampanye di 3 wilayah kerja yaitu area Isuzu Head Office, Isuzu Pondok Ungu, dan Isuzu Karawang Plant dengan program IAMI Kelola & Diet Sampah Plastik dan Kemasan.

LEAVE A REPLY