Ini Spek Lengkap Hyundai Kona Electric, Harganya Rp 600 Jutaan

0
Hyundai kona electric

ROCKOMOTIF, Jakarta – Hyundai Indonesia resmi memasarkan SUV tanpa mesin konvensional, yaitu Kona Electric. SUV bertenaga baterai ini dijual dengan harga Rp 674,8 juta sudah termasuk pajak Jakarta.

Dengan harga Rp 600 jutaan ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjadi pabrikan mobil pertama di Indonesia yang menghadirkan mobil listrik untuk kendaraan penumpang. Sebelumnya, HMID sudah memperkenalkan mobil listrik IONIQ yang digunakan untuk taksi online di Jakarta.

Apa bedanya Kona Electric ini dengan mesin bensinnya yang juga sudah dipasarkan di Indonesia sejak tahun lalu. Dari tampilan luar terdapat perbedaan di bagian depannya, mulai dari gril yang tertutup rapat pada Kona Electric ini. Pada Kona biasa gril terbuka guna suplai udara ke ruang mesin.

Kemudian lengkungan roda aero-tuned yang halus dan penutup fasia belakang berpadu kuat dengan kilat LED futuristik untuk menciptakan tampilan ramah lingkungan berteknologi tinggi, serta dilengkapi dengan dengan sunroof.

Baca juga: Hyundai Resmikan Diler Pertama di Pusat Perbelanjaan Modern di Jakarta

Dari sisi performa, Kona Electric ini sudah menggunakan shift-by-wire. Kontrol penggerak eksklusif Floating display menambah sensasi terbuka pada penumpang dan menempatkan informasi di depan dan tersentralisasi bagi pengemudi.

Tenaganya diberikan dari motor listrik yang berdaya 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, motor mengembangkan torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Jarak tempuh KONA Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC[3]) dan 289 km (berdasarkan WLTP[4]) dalam sekali pengisian daya, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup pemilik. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Kona Electric ini juga sudah dibekali dengan sistem Heads-Up Display yang memproyeksikan gambar virtual ke panel transparan yang dipasang di belakang panel instrumen, yang membantu pengemudi untuk tetap memperhatikan jalan. Dengan ukuran gambar proyeksi delapan inci yang jelas dan pencahayaan yang luar biasa, sistem tampilan heads-up memberikan visibilitas siang dan malam yang sangat baik.

Ruang interior Kona Electric terdapat berbagai ruang penyimpanan serbaguna. Split-folding rear seats dapat dilipat rata melalui lantai yang menghasilkan ruang vertikal tambahan dan memberikan ruang untuk peralatan rekreasi sehingga dapat menampung hingga 1,114 liter.

Baca juga: Hyundai Jadi Pabrikan Mobil Nomor Lima Terbaik di Dunia

KONA Electric dilengkapi dengan Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System. SUV listrik murni asal Korea Selatan ini tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red.

Di Indonesia, mobil listrik murni memperoleh sejumlah fasilitas dari pemerintah. Mulai dari pajak kepemilikan kendaraan yang lebih rendah pada pembelian awal, bebas uang muka (DP 0%), tarif pajak kendaraan tahunan yang lebih rendah, serta insentif non fiskal seperti bebas dari pembatasan area lalu lintas ganjil genap. 

Lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di Jakarta hingga Surabaya serta Bali dan Makassar. Untuk Jabodetabek di antaranya PLN Distribusi Jakarta Raya Gambir, Senayan City Mall, Aeon Mall BSD City, TangCity Mall, Supermall Karawaci. Serta di luar Jabodetabek, seperti PLN UP3 Bandung, PLN Gedung Sate Bandung, PLN ULP Denpasar, PLN ULP Embong Wungu Surabaya, PLN Rayon Mattoangin Makassar. 

Setiap pemesanan Kona Electric hingga 31 Desember 2020 akan mendapatkan gratis AC Charger beserta instalasinya (syarat dan ketentuan berlaku).  Selain itu tersedia juga program pembelian menarik berupa bunga 0% (syarat dan ketentuan berlaku).

LEAVE A REPLY