Bikers, Kalau Hujan Jangan Pakai Jas Hujan Model Ponco

0
Jas hujan ponco bikers
Bahaya menggunakan jas hujan model ponco untuk bikers (Foto/Dream.co.id)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Intensitas hujan di penghujung tahun 2020 ini semakin tinggi. Untuk para pengguna sepeda motor pun diimbau agar tidak menggunakan jas hujan model ponco, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang di sekitarnya.

Buat Anda yang belum tahu, jas hujan model ponco itu bahaya karena terurai ke bawah sehingga bisa masuk ke rantai atau jari-jari motor.

Banyak kasus kecelakaan karena menggunakan jas hujan model ponco seperti ini. Maka dari itu, sebisa mungkin dihindari demi keamanan dan keselamatan bersama di jalan raya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tipe jas hujan terbaik untuk digunakan para pengendara motor ialah model setelan (two pieces). Sebab, lebih baik melindungi air dan tidak mengganggu gerak ketika berkendara.

Baca juga: Waspada Helm Bau Setelah Berkendara dalam Hujan

“Jas hujan ponco memang sangat mudah digunakan tapi risikonya kemungkinan bisa nyangkut di gir dan rantai motor. Khususnya jika menggunakan motor bebek atau sport,” tutur Agus saat dihubungi belum lama ini.

Senada dengan Agus, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana juga mengatakan, ketika motor sedang berada di kecepatan 30-60 kilometer per jam, penggunaan jas ponco akan merepotkan pengendara.

“Jas hujan akan mengembang, mengganggu penglihatan dan ruang gerak pengemudi. Jas juga berpotensi tersangkut dan membuat pengendaranya jatuh karena tidak bisa kendalikan motor,” ungkap Sony belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia, alangkah baiknya para pengendara motor memilih jas hujan model terpisah antara baju dan celana agar lebih aman. Dan tentunya nyaman ketika digunakan dalam kondisi hujan.

LEAVE A REPLY