Libur Nataru, Jasa Marga Himbau untuk Tetap Patuhi Prokes

0
libur nataru jasa marga

ROCKOMOTIF, Jakarta – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, operator jalan tol, Jasa Marga, menghimbau untuk kepada pengguna jalan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama berkendara. Hal ini juga sebagai langkah untuk menekan penyebaran covid-19, mengingat belakangan ini terjadi pelonjakan kasus covid-19.

Dalam keterangan resminya, Corporate Communication and Community Development GroupHead Jasa Marga, Dwimawan Heru, menghimbau kepada semua masyarakat yang melakukan perjalanan dalam libur panjang Nataru, untuk terus menjalankan prokes berupa 3M.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, langkah paling mudah adalah dengan menjalankan 3M. Yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kami juga berharap dukungan pengguna jalan tol, jika sewaktu-waktu ada pelaksanan random check yang dilakukan instansi berwenang. Seperti Kepolisian, Ditjen Hubdar, Dinas Kesehatan, Satgas Covid Daerah, dan instansi terkait lainnya. Hal ini adalah demi kenyamanan dan kesehatan kita semua, serta menekan penyebaran COVID-19,” jelas Heru.

Baca juga: Korlantas Polri Siapkan 70 Lokasi Rapid Test Antigen Selama Libur Nataru

Di samping itu, dalam libur panjang ini Jasa Marga juga memprediksi bahwa puncak masyarakat yang melakukan liburan akan terjadi pada Kamis 24 Desember 2020. Sementara sebagai arus baliknya, diprediksikan terjadi pada 27 Desember 2020.

“Diprediksi jumlah kendaraan yang keluar dari wilayah Jabotabek saat libur Natal (23–27 Desember 2020) mencapai 842 ribu kendaraan. Naik 15,4% dari arus lalu lintas (lalin) normal pada November 2020 atau naik 0,8% dari tahun 2019. Pada puncak arus lalu lintas keluar Jakarta, 24 Desember 2020, diprediksi sebanyak 206 ribu kendaraan akan melintasi 4 Gerbang Tol (GT) utama. Yakni GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur),” tambah Pratomo Bimawan Putra, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga.

Sementara itu, diprediksi jumlah kendaraan kembali menuju Jabotabek setelah libur Natal mencapai 823 ribu kendaraan. Naik 17,9% dibandingkan lalin normal (November 2020) atau naik 10,5% dari tahun 2019. Pada puncak arus lalu lintas kembali ke Jakarta, 27 Desember 2020, diprediksi sebanyak 196 ribu kendaraan akan melintasi 4 GT utama.

LEAVE A REPLY