Honda Brio Masih Perkasa Sebagai Tulang Punggung Honda di Indonesia

0
penjualan honda brio

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kondisi ekonomi Indonesia yang belum membaik karena dampak dari pandemi covid-19, tidak membuat penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) stagnan pada awal tahun 2021. Sebagai buktinya, Honda Brio, yang merupakan produk unggulan Honda di Indonesia masih menjadi penyumbang penjualan terbesar di Indonesia pada awal tahun ini.

Berdasarkan pencatatan penjualan Honda, sepanjang Januari 2021, Honda Brio Satya menjadi penopang keberhasilan dari penjualan Honda. Tercatat, mobil yang bermain di segmen city car ini terjual sebanyak 2.758 unit dan menjadi pemimpin segmen untuk LCGC dengan perolehan market share sebesar 28 persen.

Sementara untuk varian tertingginya, Honda Brio RS, berhasil meraih penjualan sebesar 942 unit dan menguasai segmen city car dengan 81 persen. Total penjualan dua model tersebut berhasil memberikan kontribusi sebesar 52 persen dari keseluruhan penjualan Honda di bulan Januari 2021.

Baca juga: Harga Honda CR-V Facelift Bocor, Segera Meluncur di Indonesia

“Secara tradisional penjualan otomotif di bulan Januari memang cenderung turun dibanding penjualan pada akhir tahun sebelumnya. Terutama saat pasar otomotif pada awal 2021 masih belum stabil akibat kondisi ekonomi secara umum. Meskipun demikian, penjualan Honda masih sesuai dengan target. Kami masih dapat mempertahankan pangsa pasar sama dengan tahun lalu,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

Yusak mengatakan juga akan melakukan penyegaran produk pada pertengahan Februari ini untuk merangsang penjualan. Serta terus menawarkan program penjualan yang akan meringankan konsumen dalam melakukan pembelian.

Selain Honda Brio, model yang lain memberikan kontribusi signifikan untuk penjualan Honda adalah Honda HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 1.418 unit. Dengan pangsa pasar sebesar 16% di kelasnya. Sementara itu, Honda HR-V 1.8 L terjual sebanyak 142 unit pada bulan Januari lalu.

Honda CR-V yang mencatat penjualan sebanyak 565 unit, Honda Mobilio sebanyak 563 unit, dan Honda Jazz sebanyak 349 unit. Kemudian Honda BR-V sebanyak 131 unit, dan Honda Civic Hatchback sebanyak 108 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 8 unit.

Di segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 47 unit, Honda Accord sebanyak 19 unit. Diikuti dengan Honda City Sedan sebanyak 17 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 1 unit. Membuka tahun 2021 ini, Honda telah mencatatkan penjualan sebanyak 7.068 unit di sepanjang bulan Januari 2021.

LEAVE A REPLY