Honda City Hatchback, Penerus Honda Jazz untuk Melibas Toyota Yaris

0
harga Honda city hatchback

ROCKOMOTIF, Jakarta – Persaingan di segmen hatchback semakin memanas antara Honda dan Toyota. Ya, di Indonesia memang bisa dibilang hanya dua merek Jepang ini yang bersaing ketat untuk segmen mobil anak muda.

Berdasarkan data sudah dua atau tiga tahun terakhir ini, pamor Toyota Yaris kalah telak dari Honda Jazz. Meski di 2020, keduanya mencatat penurunan penjualan akibat pandemi, namun Jazz tetep perkasa melibas Yaris.

Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Jazz masih lebih unggul dengan 6.533 unit ketimbang Yaris yang 4.238 unit sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Produksi Honda Jazz Resmi Dihentikan, Unit Bekasnya Bakal Dicari?

Begitu juga di tahun sebelumnya, di mana penjualan ritel Honda Jazz mencapai 12.361 unit, dan Toyota Yaris hanya 9.052 unit. Melihat tiga tahun ke belakang juga sama, penjualan ke diler (wholesales) antara Yaris dan Jazz juga terpaut jauh. Honda Jazz masih lebih unggul dengan total penjualan 16.100 unit, dan Toyota Yaris 10.750 unit.

Sekarang PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi menghentikan produksi Honda Jazz di Indonesia. Sepertinya generasi baru Jazz dianggap tidak cocok untuk pasar Indonesia. Namun senjata baru HPM untuk tetap melibas Yaris datang dari Honda City Hatchback.

City Hatchback terbaru ini sekarang dibekali mesin 1.5 liter i-VTEC DOHC dengan tenaga yang sama seperti Jazz dengan mesin SOHC, yaitu 121 PS dan 145 Nm. Sebenarnya Honda juga punya mesin turbo untuk City Hatchback, namun untuk saat ini HPM belum memasarkannya di Tanah Air.

Mesin Honda city hatchback

Baca juga: Honda City Hatchback RS Meluncur, Harganya Belum Dirilis

Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda sangat bangga mempersembahkan Honda City Hatchback RS sebagai model baru bagi konsumen Indonesia. Kami telah mempelajari kebutuhan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras dalam mengembangkan mobil yang sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya.”

Sepertinya HPM masih percaya dengan kesuksesan mesin non turbo yang sudah melekat pada Honda Jazz selama bertahun-tahun. Selain itu, tentu City Hatchback datang dengan fitur-fitur yang melimpah.

Hanya satu varian

HPM memang hanya membawa satu model saja untuk City Hatchback ini yaitu varian RS. Honda memang berkaca pada kesuksesan Honda Jazz di segmen hatchback dengan karakter lebih sporty, yaitu varian RS. Pada tahun 2020, varian RS dari Honda Jazz sendiri berkontribusi lebih dari 90% dari total penjualan model ini.

Honda City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan. Honda City Hatchback RS merupakan model pertama di kelasnya yang memiliki fitur ini.

 

Interior Honda city hatchback

Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Honda Jazz Resmi Pensiun dari Dunia Otomotif Indonesia

Ditambah lagi dengan berbagai fitur kekinian lainnya yang sesuai dengan gaya hidup anak muda juga disematkan pada mobil ini. Seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. Semua fitur tersebut dilengkapi dengan Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, Setir, dan Shift Knob.

Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat sama seperti Jazz.  Di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

interior Honda city hatchback

Untuk fitur keselamatan, Honda City Hatchback RS juga sudah dilengkapi dengan 6 airbags untuk perlindungan lengkap. Fitur keselamatan lainnya pada Honda City Hatchback RS antara lain sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Sekarang tinggal menunggu harga resmi dari City Hatchback RS ini saja. HPM menyediakan dua opsi transmisi, CVT dan Manual 6-speed. Kalau nantinya harga City Hatchback ini bisa bersaing dengan Yaris, bukan tidak mungkin Honda tetap akan mampu melibas Toyota di segmen anak muda ini.

LEAVE A REPLY