SUV Listrik Pertama Toyota Siap Meluncur di Eropa

0
Suv listrik toyota

ROCKOMOTIF, Belgia – Toyota dengan brand Lexus memang sudah memiliki SUV listrik murni yaitu Lexus UX300e. Bahkan SUV listrik pertama Lexus ini sudah dipasarkan di Indonesia dan kabarnya sudah habis terjual. Tapi untuk brand Toyota sendiri Toyota Motor di Eropa sedang mempersiapkan SUV listrik pertamanya.

Mobil listrik dengan bodi SUV pertama Toyota ini masih dilabeli nama Toyota X-Prologue yang menggunakan platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA). Toyota sudah merilis di situs resminya gambar-gambar teaser dari mobil bertenaga baterai murni ini.

Dari gambar-gambar yang ada, desain lampu utama terlihat siluet garis-garis tajam dengan lampu DRL. Sementara di bagian bawahnya terdapat bilah lampu yang menghubungkan sisi kanan dan kiri mobil.

Suv listrik toyota
Baca juga: Fuel Pump Bermasalah, TAM Bakal Recall Toyota Avanza di Indonesia

Sayangnya Toyota belum mengumumkan spesifikasi dari mobil listriknya ini. Hanya saja, sepertinya Toyota bekerjasama dengan Subaru dalam pengembangan mobil listrik ini.

Menurut laman situs Autoblog, nantinya wujud SUV listrik Toyota ini akan berukuran seperti RAV4 atau Subaru Forester. Platform e-TNGA sendiri bisa mendukung penggunaan gerak roda depan, belakang, dan keempatnya. Juga bisa memuat berbagai modul baterai modular sehingga bisa mengakomodir berbagai desain mobil sesuai kebutuhan.

Rencananya, SUV ini akan meluncur pertama kali di Eropa pada Maret 2021 ini. Bukan tidak mungkin berikutnya adalah pasar Amerika dan juga Asia.

Pasalnya prototipe mobil ini menjadi salah satu bagian target Toyota untuk memproduksi mobil elektrifikasi, khususnya listrik murni. Pabrikan Jepang ini menargetkan mampu menjual 1 juta unit mobil listrik di pasar global mulai tahun 2030 nanti. Untuk itu, Toyota akan membuat 10 mobil listrik murni, termasuk X-Prologue, yang merupakan mobil listrik murni pertama Toyota.

LEAVE A REPLY