Spesifikasi Toyota Raize Jauh Lebih Canggih dari Fortuner, Bisa Jadi Mobil Terlaris?

0

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Raize awalnya lahir di Jepang dan langsung menjadi mobil terlaris pada 2020 dengan penjualan lebih dari 120 ribu unit. Untuk Indonesia langsung menjadi basis produksi kedua di luar Jepang merupakan hal yang fantastis, ini berarti ada kemungkinan Raize bisa jadi mobil terlaris Toyota yang baru di Indonesia.

Bisa jadi jika memang tren bergeser ke SUV 5 penumpang, Raize akan jadi mobil sejuta umat berikutnya setelah Avanza. Terlebih Raize ini punya spesifikasi yang canggih, dengan harga yang terjangkau. Bahkan Toyota sampai menghadirkan Toyota Safety Sense di mobil ini, padahal di Fortuner saja tidak ada fitur TSS yang canggih itu.

“Dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sekaligus juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

harga toyota raize ppnbm

Baca juga: Toyota Raize Baru Tersedia Mesin 1.0L Turbo, Ada yang Lebih Mahal Dari Rush

Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.

interior toyota raize

Baca juga: Komponen Lokal Raize dan Rocky Belum 70 Persen, Kok Bisa Dapat Diskon PPnBM?

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.

Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Untuk harganya sendiri, Toyota Raize 1.0 Turbo G MT harganya tanpa diskon PPnBM dijual Rp 236,8 juta, kalau diskon PPnBM 100% harganya jadi Rp 219,9 juta. Kemudian 1.0 Turbo G CVT harganya Rp 251,1 juta dan diskon jadi Rp 233,1 juta.

Tipe yang tertingginya ada Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT harganya 263,2 juta tapi dengan diskon PPnBM jadi Rp 244,7 juta. Sementara Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS harganya Rp 283,8 juta dan dengan diskon jadi Rp 263,7 juta.

Kalau dibandingkan dengan harga paling tinggi Toyota Rush 1.5 S A/T TRD dibanderol Rp 260,8 juta setelah diskon PPnBM. Semua harga ini untuk warna single tone, kalau harga two tone konsumen cukup tambah sekitar Rp 2 jutaan.

LEAVE A REPLY