Raize, Pilihan Mobil SUV Terbaru Keluaran Toyota

0
toyota raize suv baru
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Anda pecinta mobil merk Toyota atau pun penggemar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) pasti saat ini sedang bergembira. Sebab beberapa waktu yang lalu, pabrikan Jepang ini baru saja mengeluarkan produk baru yaitu Toyota Raize pada April 2021 lalu. Tak tanggung-tanggung, meski diluncurkan secara bertahap, Toyota Raize ini hadir dalam 6 varian.

Toyota Raize memiliki panjang 4.030 mm, memiliki lebar 1.710 mm, serta memiliki tinggi 1.635 mm yang terkesan compact. Namun pun begitu, Toyota Raize memiliki tampilan yang proporsional. Hal ini tentu berkat wheelbase-nya yang mencapai 2.525 mm serta ground clearance-nya yang memiliki tinggi 200 mm.

Kesan yang gagah, sporty, serta atraktif jelas terlihat dari kendaraan SUV yang satu ini. Bumper yang trapezoidal, tebal, serta kokoh yang disertai dengan sudut yang menyiku tajam membuatnya tampak agresif di bagian depan. Belum lagi illuminating headlamp-nya, daytime running light-nya (DRL), serta Sequential Turn Lamp-nya. Kesemuanya menggunakan LED yang membuat Raize terlihat keren.

Ada pun untuk interiornya yang terkesan lapang, yang juga menggunakan teknologi canggih dan terdepan, misalnya saja seperti MID 7 inch TFT yang display-nya interaktif dan modern serta bisa gonta-ganti 4 opsi tampilan, yakni Advanced, lalu Exciting, kemudian Simple, serta Analog, membuat Raize sangat kekinian.

Tak usah khawatir dengan fitur-fiturnya. Toyota Raize juga sudah dibekali fitur advance yang tak kalah. Misalnya saja Steering Switch, kemudian Interior Illumination, dan juga Interactive 9 Inch Head Unit yang menggunakan floating design serta terkoneksi smart device T-Link yang memiliki fitur Personal Reminder. Fitur ini malah bisa digunakan untuk pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap. Caranya yaitu dengan menginput data mobil terlebih dahulu ke dalam sistemnya.

Baca juga: Toyota Raize 1.2 Liter Sudah Bisa Dipesan, Diskon PPnBM 100%

Urusan safety, tak perlu dipertanyakan. Toyota Raize sudah menyematkan fitur keselamatan secara lengkap. Dari mulai rem yang sudah diberi teknologi Anti-lock Braking System (ABS), kemudian Vehicle Stability Control (VSC), lalu Hill Start Assist (HSA), ada Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, ada Rear Parking Camera, dan juga Alarm + Immobilizer.

Nah khusus untuk varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, fitur keselamatannya jauh lebih komplit dengan adanya 6 Airbags, kemudian Pedal Misoperation Control, serta TSS + BSM RCTA.

Varian Toyota Raize
Secara umum, Toyota Raize bisa dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yakni Toyota Raize 1.0 dan Toyota Raize 1.2.

Toyota Raize 1.0 memiliki 4 varian, sedangkan Toyota Raize 1.2 punya 2 varian. Toyota Raize 1.0 atau Toyota Raize 1.0 Turbo terdiri atas varian G MT, G CVT, GR Sport CVT, dan GR Sport TSS CVT. Sedangkan Toyota Raize 1.2 terdiri atas varian G MT dan G CVT. Totalnya 6 varian sebagai berikut.

● Toyota Raize 1.2 G M/T
● Toyota Raize 1.2 G CVT
● Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T
● Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT
● Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT
● Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense)

Perbedaan Toyota Raize 1.0 dan Toyota Raize 1.2

Berikut ini perbedaan mendasar yang bisa dilihat dari Toyota Raize 1.0 dan Toyota Raize 1.2.

1. Berbeda ukuran velg
Toyota Raize 1.0 menggunakan ukuran velg yang lebih besar, yakni 17 inci, sedangkan tipe 1.2 menggunakan velg yang sedikit lebih kecil, yakni 16 inci.

2. Ketidaktersediaan warna two tone
Toyota Raize 1.0 memiliki pilihan warna two tone, ada pun Toyota Raize 1.2 tidak tersedia dalam warna two tone. Warna two tone pada tipe 1.0 meliputi warna Black-White, warna Black-Red, warna Black-Yellow SE, warna Black -Silver Metallic, dan warna Black-Turquoise MM. Selebihnya adalah single tone, yakni warna Black, warna Gray Metallic, warna White, warna Red, warna Yellow SE, warna Silver Metallic, dan warna Turquoise MM.

3. Ketidaktersediaan varian GR Sport
Raize 1.0 memiliki varian GR Sport. Dan Raize 1.2 tidak memilikinya, baik yang CVT atau pun CVT TSS. Dia hanya punya tipe G M/T dan tipe G CVT saja.

4. Perbedaan harga, tipe 1.2 lebih murah
Sekarang ini Toyota Raize masuk ke dalam golongan mobil yang mendapat insentif PPnBM dari pemerintah. Besaran diskonnya bisa mencapai 100 persen karena ada wacana perpanjangan pemberian diskon PPnBM 100 persen hingga Agustus 2021.

Jika Raize terus mendapatkan insentif PPnBM 100 persen, maka untuk Raize 1.0 Turbo harga on the road (OTR) DKI Jakarta itu dimulai dari Rp219,9 juta untuk tipe G MT, hingga Rp263,7 juta untuk tipe GR Sport CVT TSS. Untuk pilihan warna two tone, ada perbedaan harga yang berkisar Rp2 jutaan di tiap-tiap tipenya.

Baca juga: Merasakan Sensasi Turbo 1.000cc Toyota Raize GR Sport

Nah Raize 1.2, karena sama-sama mendapat PPnBM 100 persen, harga OTR DKI Jakarta untuk tipe G MT itu harganya Rp202 juta. Ada pun varian Raize 1.2 G CVT OTR DKI Jakarta itu harganya Rp215 juta. Jika dilihat, selisih harga antara tipe 1.0 dan 1.2 itu mulai Rp17,9 juta sampai Rp48,7 juta. Untuk harga lengkap berdasarkan tipenya, bisa dilihat sebagai berikut.

● Tipe 1.0 G MT, harga Rp219,9 juta
● Tipe 1.0 G CVT, harga Rp233,1 juta
● Tipe 1.0 GR Sport CVT, harga Rp244,7 juta
● Tipe 1.0 GR Sport CVT TSS, harga Rp 263,7 juta
● Tipe 1.2 G MT, harga Rp202 juta
● Tipe 1.2 G CVT, harga Rp 215 juta

5. Berbeda performa, tipe 1.0 lebih unggul
Toyota Raize 1.0 menyematkan 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC dengan VVT-i yang berkapasitas 998 cc. Dengan modal tersebut, Raize 1.0 Turbo mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 Ps di 6000 rpm dengan torsi 14,3 Nm di 2.400 – 4.000 rpm.

Nah Raize 1.2, yang berkapasitas 1200 cc, hanya mampu mengeluarkan tenaga hingga 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi 11,5 Nm di 4.500 rpm saja. Namun pun begitu, baik Raize tipe 1.0 atau pun tipe 1.2 itu memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan serta CVT.

Itu dia 5 perbedaan mendasar dari Toyota Raize 1.0 dan Toyota Raize 1.2. Meskipun ada perbedaan namun secara sepintas, selain dari warna two tone, keduanya hampir mirip.

Bagaimana, Toyota Raize ini sangat menarik, bukan? Untuk pecinta mobil Toyota atau penggemar kendaraan SUV, Toyota Raize ini wajib masuk ke dalam daftar kendaraan yang wajib dimiliki. Anda bisa memesannya via Blibli. Semoga bermanfaat!

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY