Canggihnya Toyota Land Cruiser GR Sport, Dibekali Fitur Sidik Jari

0
toyota land crusier gr sport

ROCKOMOTIF, Tokyo – Toyota Motor Corporation (TMC) akhir bulan Juli kemarin sudah meluncurkan generasi terbaru Land Cruiser di Jepang. Menariknya, Toyota juga merilis varian sporty yaitu Land Cruiser GR Sport untuk pasar Jepang.

Versi tertinggi dari SUV premium Toyota ini dijual dengan harga 8 juta yen atau sekitar Rp 1,05 miliar (yen = Rp 131,63). Banyak yang menilai harga sebesar itu sepadan dengan pembaruan yang disuguhkan Toyota. Mulai dari desain, platform, teknologi, hingga fitur keamanan dan kenyamanan.

Bahkan Toyota juga membekalinya dengan sistem identifikasi sidik jari untuk pertama kalinya untuk setiap kendaraannya. Hal ini dilakukan akibat maraknya pencurian model Land Cruiser generasi sebelumnya.

toyota land crusier gr sport

Sistem otentikasi sidik jari itu berfungsi untuk mengoperasikan mobil bekerja saat pengemudi menginjak rem dan menyentuh sensor di dekat setir. Mesin tidak akan hidup kecuali sidik jari pengemudi cocok dengan yang telah didaftarkan sebelumnya.

Baca juga: Toyota Akan Reproduksi Suku Cadang untuk Land Cruiser Lawas

Selain varian GR Sport, Toyota New Land Cruiser ini juga ditawarkan dalam tipe standar, ZX, dan VX. Tipe ini dikemas dalam opsi mesin bensin dan mesin diesel. Varian mesin bensin berkapasitas 3.5 liter V6 twin-turbo dengan semburan tenaga 415 PS.

Varian dieselnya menggunakan mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter yang diklaim memiliki berbagai pengoptimalan mulai dari ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Jantung mekanis ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 309 PS dengan torsi maksimum 700 Nm.

“Varian GR Sport dikembangkan dengan memanfaatkan masukan dari para pembalap yang berlomba di Reli Dakar,” bunyi pernyataan resmi Toyota.

Tampilan luar dari varian GR Sport ini dibedakan dengan adanya tambahan bodykit khusus. Pada bumper depan mendapat desain berbeda dari Land Cruiser tipe lainnya, dengan tulisan “Toyota” dan sedikit krom pada gril, kemudian pada intake samping dibuat lebih vertikal, dan lapisan plastik yang tidak dicat di bagian bawah lengkap dengan skid plate.

toyota land crusier gr sport

Baca juga: Toyota Land Cruiser Anyar Siap Diboyong TAM ke Indonesia

Bagian roda dibekali dengan velg 18 inci enam palang berkelir Mud Grey. Sedangkan wheel arch, gagang pintu, kaca spion, rocker moulding dibalut warna hitam agar tetap sporty. Bumper belakang juga dibuat berbeda dengan skid plate bergaya aluminium. Spatbor belakang, dan emblem GR Sport juga menjadi penanda perbedaan.

Khusus varian GR Sport juga sudah termasuk diferensial lock elektronik depan dan belakang berguna dikala mobil melibas lintasan off-road. Fitur canggih dan eksklusif lainnya di GR SPort ini adalah Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) Toyota, yakni suspensi yang dikontrol secara elektronik.

Hasilnya, suspensi itu akan secara otomatis dan independen akan menyesuaikan stabilisator depan dan belakang yang bereaksi terhadap kondisi individual setiap roda.

Klaim Toyota mobil ini diciptakan sebagai kendaraan yang aman, mudah dikendarai, bahkan di kondisi sulit untuk ban atau dalam kondisi mengemudi yang paling sulit sekalipun.

LEAVE A REPLY