Selama PPKM Level 3 Begini Tips Perawatan Sepeda Motor yang Ideal

0
tips perawatan motor ppkm

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sepeda motor yang terparkir lebih lama saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, tentu juga butuh perhatian alias perawatan.

Agar memberikan performa yang lebih baik saat digunakan nantinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik motor tersebut.

“Walaupun sedang dalam kondisi PPKM, pengguna sepeda motor tetap perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala secara rutin. Untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam melakukan servis rutin, Yamaha menghadirkan fasilitas SKY (Service Kunjung Yamaha) yang dapat dinikmati oleh seluruh konsumen setia Yamaha,” ujar Frengky Rusli selaku Chief Yamaha DDS Jabodetabek.

Baca juga: Servis Yamaha di DDS Dapat Potongan Spesial Selama Agustus 2021

Dalam perawatan secara mandiri, ada beberapa hal yang harus dilakukan selama motor tidak digunakan. Tentunya, hal ini bisa dilakukan secara mandiri dan tidak membutuhkan peralatan khusus.

Berikut beberapa tips perawatan ringan sepeda motor selama PPKM :

1. Mencuci sepeda motor untuk menghindari timbulnya karat dan risiko lainnya yang berpotensi merusak komponen.

2. Memberi pelumas pada bagian yang berpotensi akan berkarat, seperti rantai roda, kabel kopling, kabel gas dan bagian-bagian lainnya yang bergesek.

3. Memanaskan mesin secukupnya setiap hari, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, biasanya memakan waktu sekitar 3-5 menit.

4. Untuk motor matic, sebaiknya diparkir dengan standar tengah agar mudah ketika ingin melakukan pemanasan mesin.

5. Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama, simpan ditempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan retakan pada kaca speedo meter dan dapat membuat warna body motor menjadi kusam serta memudar.

Baca juga: Yamaha Motor Pastikan Ikut Pameran EICMA 2021

“Jangan lupa untuk cek kondisi ban, jika motor diparkir terlalu lama berdampak pada tekanan anginnya bisa berkurang bahkan kempes. Disarankan untuk menambahkan tekanan angin dengan ukuran standar dari pabrikan. Dengan rata-rata ukuran 29.0 Psi untuk ban depan dan 33.0 Psi untuk ban belakang,” jelas Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta.

Selain beberapa hal tadi, tentunya, pemilik motor juga harus melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi. Tentunya, dengan melakukan secara berkala maka akan meminimalisir kerusakan pada motor.

Yamaha FSS Jakarta juga tetap melayani pembelian unit motor dan booking SKY ( Service Kunjung Yamaha) secara online dengan menghubungi Telp : (021) 421 5 888 atau melalui WA : 0813 -1474 – 0914.

LEAVE A REPLY