Suzuki Andalkan Layanan Digital untuk Servis dan Suku Cadang

0
platform digital suzuki

ROCKOMOTIF, Tangerang – Pandemi membuat semua orang enggan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk untuk servis rutin kendaraan. Apalagi kendaraan mereka juga lebih banyak terparkir di garasi rumah saja. Sebagai antisipasi minimnya pemilik kendaraan yang malas datang ke bengkel resmi, Suzuki memiliki cara untuk melayani konsumennya melalui platform digital.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memaksimalkan penggunaan platform digital dalam sales, marketing, dan aftersales untuk melayani konsumen. Melalui pelayanan seperti Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), serta digitalisasi lewat aplikasi MySuzuki dan website resmi.

Hasilnya di tahun 2021, perlahan peningkatan mulai terjadi. Kinerja bengkel dan service Suzuki mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance).

Menurut Hariadi, Service Asst. to Dept. Head PT SIS, permintaan service Suzuki meningkat ketika pandemi Covid-19. “Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal,” katanya.

Baca juga: Suzuki Ertiga Terbaru Resmi Mengaspal di GIIAS 2021

Tidak hanya dari sisi bengkel resmi dan servis saja, tapi untuk pembelian suku cadang Suzuki juga bisa melalui aplikasi MySuzuki. Pastinya suku cadang yang dibeli terjamin keasliannya. Mulai dari suku cadang mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical Suzuki semuanya bisa dilakukan pembelian lewat aplikasi.

Dari sisi penjualan suku cadang ini pun, Suzuki mencatatkan peningkatan sebesar 33% baik untuk suku cadang mobil dan sepeda motor yang didominasi oleh Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil.

Sepanjang tahun 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan sebesar 33%. Di tahun 2022, Suzuki menargetkan penjualan spareparts dapat tumbuh 5–10% dibandingkan dengan tahun 2021.

bengkel resmi suzuki

Suku cadang yang sudah dibeli lewat aplikasi MySuzuki dapat dikirim langsung atau diambil dari diler terdekat. Saat ini, diler-diler yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Namun Suzuki dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke.

“Kami menjamin keamanan pelayanan dan transaksi melalui digitalisasi seperti pada aplikasi MySuzuki yang terpercaya karena kami terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi pelanggan Suzuki,” ungkap Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS.

LEAVE A REPLY