Ban GT Radial Jadi Salah Satu Resep Keberhasilan Toyota Team Indonesia

0
Ban GT Radial antarkan Toyota Team Indonesia Juara Nasional 2021
Ban GT Radial antarkan Toyota Team Indonesia Juara Nasional 2021

ROCKOMOTIF, Bogor – Performa mobil balap Haridarma tidak hanya dikontrubusikan oleh mesin semata, tetapi, ban GT Radial yang digunakan juga punya peran penting di dalamnya.

Dalam bincangnya bersama ROCKOMOTIF, Franck Lochi, Head of Proving Ground and Managing RnD Motorsport Division PT Gajah Tunggal Tbk, menjelaskan bahwa ban yang digunakan oleh mobil balap Toyota Team Indonesia merupakan ban yang juga dijual bebas di pasaran.

“Mengenai ban yang digunakan oleh Toyota Team Indonesia pada mobil Toyota Yaris, tidak ada yang berbeda dengan ban yang kami keluarkan di pasaran. Hanya saja, untuk mobil balap ini kita melakukan treatment yang lebih khusus untuk memberikan performa terbaik,” jelas Franck Lochi.

Pada dasarnya, salah satu hal yang ditekankan oleh Franck Lochi adalah mereka tidak memiliki resep khusus. Hal tersebut dikarenakan mereka harus mematuhi regulasi yang diterapkan pada ajang balap tersebut.

“Karena kita bergantung pada regulasi yang ada jadi kita hanya menggunakan ban yang sama dengan ban yang kita produksi pada umumnya. kita hanya melakukan adjust untuk mobil balap dan melakukan yang terbaik untuk mereka,” tambahnya.

Di samping itu, kondisi cuaca yang hujan dan panas saat balapan berlangsung, menjadi tantangan bagi ban GT Radial.

Meskipun terlihat sulit, namun, berkat riset serta kolaborasi yang hebat dengan Toyota Team Indonesia, mereka bisa memberikan hasil maksimal terhadap penggunaan ban Champiro SX2.

“Antar ban mobil Haridarma dan Demas Agil, tidak ada yang berbeda. Ini bisa untuk hujan dan kering karena kita hanya melakukan sedikti set up pada mobil dan juga tekanan angin untuk memberikan hasil maksimal pada mobil balap tersbeut,” imbuh Franck Lochi.

Selain tekanan angin, menurut dia salahs atu resep keberhasilan dalam ban ini juga dikarenakan set up suspensi yang diberikan oleh tim mekanik.

Pasalnya, dengan settingan suspensi yang baik maka kinerja ban tersebut juga akan berdampak lebih baik terhadap performa mobil.

“Tidak hanya dari tekanan angin, tetapi juga dari tekanan suspensi yang dihasilkan, itu akan berpengaruh terhadap ban juga,” tandasnya.

LEAVE A REPLY