Perpisahan dengan Subaru, Ryan Nirwan Tumbangkan Mobil Rally AP4

0
Ryan Nirwan (kanan) pereli BRM Motorsport
Ryan Nirwan sukses menumbangkan mobil rally AP4 di putaran terakhir Kejurnas Sprint Rally 2021

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pereli BRM Motorsport asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Ryan Nirwan, sukses menutup musim Kejurnas Sprint Rally 2021 dengan hasil manis.

Kerja keras selama semusim penuh akhirnya membuahkan hasil. Meskipun tidak dinobatkan sebagai Juara Nasional Sprint Rally 2021, namun Ryan Nirwan berhasil menorehkan prestasi yang lebih impresif.

“Sebuah ending yang menurut saya perfect untuk Kejurnas Sprint Rally. Jadi dari awal tahun sampai dengan sekarang, secara pribadi memang ada banyak improve. Memang enggak bohong, namanya kita enggak balapan selama dua tahun ternyata enggak bisa langsung balik 100 persen, dan butuh beberapa kali balapan untuk menuju kondisi sekarang,” jelas Ryan Nirwan saat berbincang dengan ROCKOMOTIF.

Kompetisi tahun ini memang terasa lebih berat bagi Ryan Nirwan lantaran ia masih mengandalkan mobil reli Subaru WRX STi lansiran 2010. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan beberapa lawan yang harus di hadapi sepanjang musim sprint rally 2021.

Beberapa mobil reli yang kini bertarung di ajang Kejuaraan Nasional sudah menggunakan mobil dengan teknologi terkini yang masuk dalam regulasi AP4. Beberapa mobil tersebut antara lain adalah Mitsubishi Xpander AP4 milik Rifat Sungkar, Mazda2 AP4 milik Haji Rihan Variza, dan Nissan Micra Proto AP4 milik Haji Rachmat.

Menanggapi keberhasilannya menumbangkan mobil-mobil AP4 pada putaran terakhir yang berlangsung beberapa waktu lalu di Meikarta, Jawa Barat, kakak dari Glenn Nirwan ini tidak mau terlalu jumawa.

“Pas seri kejurnas terakhir, menurut saya itu performance puncak jadi ya walaupun jadi Juara Umum dan bukan Juara Nasional saya tetap bangga menutup musim Sprint Rally 2021 dengan membawa pulang podium pertama pada seri terakhir,” tambah Ryan Nirwan.

Subaru WRX STi lansiran 2010 milik Ryan Nirwan
Ryan Nirwan sukses menumbangkan mobil rally AP4 di putaran terakhir Kejurnas Sprint Rally 2021

Sementara itu, meski ia berhasil menuliskan cerita terbaiknya dalam mengalahkan mobil-mobil reli AP4, namun ia harus mengucapkan salam perpisahan kepada mobil Subaru yang selama ini menjadi pacuannya dalam meraih prestasi di ajang balap tanah ini.

“Saya ada rasa bangga dengan mobil tahun 2010 bisa mengalahkan beberapa mobil reli yang bisa dibilang keluaran baru semua. Itu menjadi pencapaian paling pol sih menurut saya dengan mengalahkan mereka,” tambah Ryan Nirwan.

Berbagi kisah tentang pengalaman paling berkesan bersama Subaru, Ryan, menjelaskan ada dua momen yang membuatnya bisa tersenyum dalam menutup musim sprint rally 2021 ini.

“Momen paling berkesan bersama Subaru? Juara Nasional 2016 itu memang paling berkesan. Tapi ya menurut saya kemarin (seri terakhir Kejurnas Sprint Rally 2021) walaupun saya tidak juara nasional di seri terakhir tapi sebelum perpisahan dengan mobil ini, saya berhasil mengalahkan mobil-mobil baru (AP4) semua,” ungkapnya dengan malu-malu.

Setelah berpisah dengan Subaru, untuk musim Sprint Rally 2022 pereli yang berpasangan dengan Adi Indiarto ini akan menggunakan Toyota GR Yaris AP4. Saat ini, mobil tersebut masih dalam tahap pengembangan dan dikabarkan awal tahun 2022 baru akan dikirim ke Indonesia.

LEAVE A REPLY