PLN Kembali Resmikan 2 SPKLU di Jakarta

0
PLN resmikan 2 SPKLU di Jakarta
PLN resmikan 2 SPKLU di Jakarta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Demi mempercepat transisi menuju elektrifikasi, PLN kembali meresikan 2 unit SPKLU di Jakarta dengan menghadirkannya di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan.

Melalui peresmian SPKLU di Jakarta, PLN, berharap hal ini bisa menjadi implementasi UU No 55 Tahun 2019 dalam mendukung terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berasis Baterai (KBLBB).

“Melalui kesempatan ini, kami mengapresiasi peran dan kontribusi PT PLN (Persero) atas segala upaya dan komitmennya dalam mendukung terbentuknya ekosistem KBLBB,” jelas Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari.

Adapun dalam merealisasikan hal tersebut, Kementerian ESDM, akan terus mendukung langkah PLN terkait pengadaan SPKLU. Sebelumnya, PLN, juga sudah meresmikan SPKLU di luar Pulau Jawa dengan mendirikannya di Kalimantan Timur dan Sumatera Utara.

“Percepatan pengguna kendaraan listrik di Indonesia perlu di dukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang memadai. PLN mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk terdepan dalam menyediakan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik,” tambah Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN.

Penyediaan SPKLU  di lingkungan kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM ini merupakan salah satu dukungan PLN dalam mendorong infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik di Indonesia.

Untuk diketahui, sampai dengan bulan Desember 2021, PLN telah berhasil menyediakan SPKLU sebanyak 96 unit EV Charger di 73 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dua unit SPKLU di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan ini merupakan SPKLU ke-16 dan ke-17 yang dipasang di Jakarta, dengan kapasitas 25 kW dan 30 kW.

Untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik, PLN juga telah menyediakan fitur SPKLU yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile.

Fasilitas ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam mengisi energi menggunakan SPKLU.

“Kita akan memperbanyak kerjasama dengan pihak swasta untuk pembangunan SPKLU. Tahun ini yang akan kami genjot kerjasama dengan para pemilik Apartemen, pemilik pertokoan, pemilik mall dan kantor kantor BUMN,” tandas Bob Saril.

LEAVE A REPLY