Luhut Pastikan Chery Bakal Bikin Pabrik di Indonesia

0
pabrik chery di Indonesia

ROCKOMOTIF, Beijing – Pabrikan asal Tiongkok, Chery mendapat kunjungan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ke Diaoyutai State Guesthouse di Beijing pada 25 Juli 2022. Dalam pertemuan itu, dipastikan juga jika Chery akan berinvestasi di Indonesia dengan mendirikan pabrik manufaktur dengan nilai investasi mencapai USD 1 miliar.

Dalam pertemuan Luhut dengan Zhang Shengsan, Executive Vice President Chery International ini tak hanya membahas pabrik tapi juga membahas mengenai mobil listrik, perencanaan teknis, perencanaan produk, dan perencanaan rantai industri baterai Chery. Nantinya pabrik di Indonesia akan memiliki perkiraan kapasitas mencapai 200.000 kendaraan.

luhut cherry

“Pasar Asia Tenggara akan menjadi komponen penting dalam proses internasionalisasi Chery di tahap selanjutnya, terutama Indonesia, negara dengan ekonomi dan populasi terbesar di antara sepuluh negara ASEAN yang dianggap strategis dan signifikan memberikan pembuktian dengan sendirinya,” Zhang Shengsan, Executive Vice President Chery International.

Baca juga: Pabrikan Cina Tidak Mau Kalah Bersaing di Mobil Listrik

Oleh karena itu, Chery akan membangun basis produksi dan manufaktur sesuai dengan rencana di Indonesia, yang akan mengintegrasikan penelitian dan pengembangan, manufaktur serta penjualan sehingga mengemban misi Chery untuk mengakar di Indonesia, menyebar ke ASEAN bahkan mengekspor ke dunia.

Rencana produk Chery ke depan di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model. Chery akan mengembangkan rantai industri terintegrasi secara mendalam termasuk sumber daya mineral, bahan baterai, baterai dan produksi kendaraan di Indonesia, dan memberikan kontribusi terbesar untuk mempromosikan transformasi dan peningkatan industri otomotif serta pembangunan ekonomi dan sosial di Indonesia.

Chery Group sendiri berhasil mencapai pertumbuhan tahunan sebesar 12% dengan volume penjualan 475.000 kendaraan, walaupun secara global industri otomotif cenderung turun. Chery juga berhasil meraih ekspor mobil penumpang sebanyak 148.000 kendaraan, atau naik 36% YoY.

LEAVE A REPLY