Toyota Rilis Vios Terbaru, Harganya Mulai Rp 300 Jutaan

0
Toyota vios generasi empat

ROCKOMOTIF, JakartaToyota Astra Motor (TAM) merilis generasi terbaru sedan kompak mereka, Toyota Vios. Sedan generasi keempat ini dijual dengan harga mulai Rp 314 juta untuk tipe terendah dan tipe tertingginya Rp 369,9 juta.

Untuk tipe tertinggi All New Vios ini sudah dilengkapi dengan TSS (Toyota Safety Sense) alias piranti keselamatan tertinggi Toyota.

Vios sendiri sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2003 silam dan sejak saat itu sudah menjadi sedan tangguh yang digemari konsumen Indonesia. Sayangnya sekarang All New Vios ini akan diimpor dari Thailand.

Hadirnya All New Vios juga untuk makin memperkuat segmen Toyota sekaligus menggairahkan pasar otomotif nasional yang masih menunjukkan pertumbuhan penjualan signifikan hingga saat ini.

Baca juga: Toyota Vios Berhenti Produksi, TMMIN Berikan Klarifikasi

All new vios

Peningkatan penjualan pada pasar sedan yang tumbuh mencapai 4.100 unit pada 2022 dibanding 2021 yang sebesar 3.500 unit.

“Di Indonesia, Vios tampil sebagai market leader di segmennya. Secara total, sejak diperkenalkan tahun 2003 lalu, Vios telah membukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Platform Baru All New Vios

Penggunaan platform baru pada All New Vios ini memberikan kesempatan kepada Toyota untuk meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios generasi ke-4 tersebut. Sekarang, mobil ini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Dengan dimensi yang lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya, All New Vios tetap dapat lincah dalam bermanuver. Bodi All New Vios yang lebih lebar juga menawarkan kenyamanan lebih baik karena kabin menjadi lebih luas.

Srecara tampilan, All New Vios ini sekarang jauh lebih modern, dengan gaya grille trapezoidal ekstra besar begitu mendominasi wajahnya dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

Baca juga: Toyota Vios Terbaru Meluncur Harga Naik Belasan Juta

All new vios

Velg alloy 17 inch bergaya futuristis tampak mendominasi bagian samping mobil dan  posisinya yang mendekati ujung spatbor membuat All New Vios tampak powerful dan berwibawa. Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) untuk menegaskan kabin yang lebih mundur ke belakang dan membuat All New Vios terlihat lebih elegant.

Selain itu, Fastback Style dengan jendela belakang melandai mendekati ujung bagasi memberikan siluet khas sedan mewah. Nuansa sedan yang berkelas terus berlanjut pada desain buritan yang simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Di dalam kabinnya, dominasi warna hitam pada interior membuat kesan berkelas dan nyaman. Desain dashboard baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim.

Interior all new vios

Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Urusan mesin, All New Vios kini mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara.

Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

Berikut harga resmi All New Vios di Indonesia:

Vios 1.5 E M/T :Rp 314.900.000

Vios 1.5 G CVT :Rp 355.200.000

Vios 1.5 G CVT (premium color):Rp 356.700.000

Vios 1.5 G CVT TSS :Rp 368.400.000

Vios 1.5 G CVT TSS (premium color) :Rp 369.900.000

 

LEAVE A REPLY