Ini yang Bikin Wuling Almaz Hybrid Jadi Irit Tapi Bertenaga

0
Teknologi Wuling almaz hybrid
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, JakartaWuling Almaz Hybrid baru saja meluncur di Indonesia sebagai mobil hybrid pertama pabrikan Tiongkok ini. Dengan harga Rp 470 juta, apa sih kelebihan Almaz Hybrid ini dan siapa kompetitornya di Tanah Air?

Almaz Hybrid secara tampilan tidak jauh berbeda dengan Wuling Almaz lainnya, SUV yang modern. Tapi kini ada senjata baru di dalam tubuhnya yaitu baterai berkapasitas 1,8 kWh.

Baterai ini bisa berfungsi untuk menggerakkan mobil SUV yang dikombinasikan dengan mesin bensin 2.0 liter 4-silinder. Tenaga mesin bensinnya 123 hp dan torsi 168 Nm, sementara motor listrik bertenaga baterainya mampu menghasilkan tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm.

Teknologi Wuling almaz hybrid

Untuk menggerakkan roda, Wuling membekali dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang khusus dikembangkan untuk Almaz Hybrid. Ada tiga mode berkendara atau Multi-mode Hybrid Performance yang terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel.

Baca juga: Wuling Almaz Hybrid Dijual Resmi Rp 470 Juta, Intip Keunggulannya

Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium. Sementara itu, dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator.

Performa maksimal dihasilkan pada mode Hybrid Parallel dimana mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

Selain itu,, Almaz Hybrid juga masih dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti WIND dan ADAS. Untuk sistem ADAS ini terdiri dari 4 kategori fungsi, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light dengan total 12 fitur yang mendukung keselamatan dalam berkendara.

Teknologi Wuling almaz hybrid

Baca juga: Wuling Almaz RS EX, Paket Lengkap Sebuah SUV Modern

“Melalui Almaz Hybrid, Wuling memadukan performa yang bertenaga, fuel efficiency dan mobilitas ramah lingkungan siap meningkatkan pengalaman berkendara Anda menuju masa depan,” jelas Dian Asmahani selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors.

Nah, siapa kompetitor dari Almaz Hybrid ini di Indonesia? Jelas paling terdepan adalah mobil-mobil hybrid terutama jenis SUV lain yang sudah lebih dulu ada, seperti Toyota Corolla Cross. Hanya saja Wuling Almaz Hybrid ini masih lebih unggul dari segi harga, meski perbedaannya tidak terlalu jauh.

Wuling Almaz Hybrid dibanderol Rp 470 juta (OTR Jakarta) sementara Toyota Corolla Cross Hybrid dijual di harga Rp 540,9 juta.

Interior wuling almaz hybrid

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY