Pengumuman! Harga BBM Pertamina Turun

0
Harga BBM Pertamina turun harga per 3 Januari 2023
Harga BBM Pertamina turun harga per 3 Januari 2023

ROCKOMOTIF, Jakarta – Harga BBM Pertamina turun per tanggal 3 Januari 2023 untuk semua jenis bahan bakar non subsidi yang dijual.

Pengumuman tersebut diumumkan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, di Jakarta pada Selasa (3/1/2023).

Secara rinci, harga BBM Pertamina turun untuk jenis Pertamax yang semula dari Rp 13.900 per liter kini menjadi Rp 12.800 per liter. Tidak hanya itu, jenis Pertamax Turbo juga turut mengalami penurunan.

Pertamax Turbo yang semula dijual dari harga Rp 15.200 per liter, kini mengalami penurunan dan dijual dengan harga Rp 14.050 per liter. Tidak sampai di situ, jenis Dexlite pun yang semula Rp 18.300 per liter, menjadi Rp 16.150 per liter.

Terakhir harga Pertamina Dex turun dari Rp 18.800 per liter menjadi Rp 16.750 per liter.

“Salah satunya, Pertamax, yang banyak dipakai dulu aja, itu maka diputuskan kemarin, bu Nicke bisa tambahkan, ya yang hari ini (harga BBM Pertamina turun) Rp 13.900 (per liter) itu menjadi Rp 12.800 (per liter) ya,” kata Erick kepada wartawan di SPBU Pertamina di Jalan MT Haryono, Selasa (3/1/2023).

Sementara itu, ketentuan ini berlaku untuk daerah dengan nilai pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen. Jika daerah dengan PBBKB di luar 5 persen penurunan lain.

Erick Thohir menyebut, harga BBM Pert turun ini memang berbeda dengan yang diberlakukan oleh SPBU swasta. Alasannya, perusahaan pelat merah ini memiliki ekosistem pengolahan bahan bakar yang lebih besar, ditambah banyaknya SPBU yang tersebar.

“Nah kenapa? Kita harus sinkronisasi. Karena kalau ada perubahan di Pertamina, yang merupakan market-nya paling besar itu turunannya tidak seperti yang mengelola cuma 5 pom bensin, karena ini turunannya banyak. Ada kilangnya, ada pom bensinnya, ada macam-macamnya. Bahasanya prosesnya perlu waktu. Tapi kemarin pun kita sudah percepat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesemaptan tersebut, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan kalau harga BBM Pertamina turun ini mulai berlaku pada pukul 14.00 WIB siang ini.

“Bahwa nanti mulai jam 2 siang hari ini, pertamax akan dari Rp 13.900 ke Rp 12.800 (per liter),” ujar dia.

Dengan semua jenis bahan bakar yang dijual, setelah ketentuan harga BBM Pertamina turun ini berlaku untuk semua yang non subsidi

“Demikian juga produk-produk Pertamax Turbo, Dex, dan produk lainnya, Dexlite, ini juga akan turun sesuai dengan formula yang sudah ditetapkan oleh (Kementerian) ESDM. Jadi itu semua bersamaan akan turun,” paparnya.

LEAVE A REPLY