BSN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jogja pada Juli 2023 Mendatang

0
Badan Standardisasi Nasional gelar pameran kendaraan listrik di Jogja pada Juli 2023
Badan Standardisasi Nasional gelar pameran kendaraan listrik di Jogja pada Juli 2023

ROCKOMOTIF, Jakarta – Badan Standardisasi Nasional (BSN) resmi akan menggelar kampanye kendaraan listrik di Jogjakarta pada Juli 2023 mendatang. Keberlangsungan pameran tersebut dimaksudkan untuk mengakselerasi minat masyarakat dalam kepemilikan kendaraan listrik untuk penggunaan sehari-hari.

Di samping itu, lewat pameran kendaraan listrik tersebut, Badan Standarisasi Nasional juga ingin memberikan kepercayaan bahwa dalam penggunaannya kendaraan listrik saat ini dijamin keamanan, keselamatan dan kualitas produk melalui SNI kendaraan listrik.

“Selain itu, momentum ini sekaligus BSN manfaatkan untuk menggaungkan pentingnya penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk di seluruh ekosistem kendaraan listrik, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman untuk menggunakan kendaraan listrik,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerjasama, dan Layanan Informasi – BSN, Zul Amri, dalam keterangan resminya.

Zul melanjutkan, kegiatan kampanye kendaraan listrik dan pentingnya standardisasi, sudah pernah dilakukan BSN pada tahun 2019 di Semarang, Jawa Tengah dan pada tahun 2021 di Bandung, Jawa Barat. Pada kegiatan tersebut, BSN bersama-sama industri kendaraan listrik melakukan kegiatan konvoi dan pameran kecil berkeliling kota Semarang. “Namun, untuk kegiatan di Bandung, kami hanya melakukan pameran mengingat pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya kembali normal,” tambahnya.

Kendati demikian, kedua kegiatan tersebut telah memberikan dampak positif. Dimana kegiatan pameran, selain berhasil menampilkan contoh-contoh produk kendaraan listrik yang mana masyarakat juga mendapatkan pengalaman tentang kendaraan listrik karena dapat mencoba langsung produk yang dipamerkan. Pengunjung juga mendapatkan edukasi mengenai SNI melalui berbagai kegiatan seperti edu games dan talkshow.

“Pemberitaan atas kegiatan ini juga cukup luar biasa. Kami berharap dengan adanya pemberitaan, masyarakat yang tak sempat berkunjung langsung ke pameran, tetap dapat memperoleh informasi tentang produk kendaraan listrik dan SNI,” ujar Zul.

Direktur Utama PT. Fery Agung Corindotama (Feraco), M. Ruslim yang dipercaya BSN sebagai kolaborator dalam melaksanakan kegiatan EVSE 2023 ini mengatakan, pihaknya merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari BSN untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“EVSE 2023 memiliki ciri khas tersendiri yang mana dalam pameran ini, BSN juga mengkampanyekan tentang pentingnya SNI pada EV kepada masyarakat,” terang Ruslim.

Menurut Ruslim, kegiatan EVSE 2023 akan menjadi agenda EV yang menarik karena akan diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah nasional tahunan yaitu Government Procurement Forum and Expo (GPFE) yang telah rutin sukses diselenggarakan sejak tahun 2016. 

“Tahun kemarin peserta dan pengunjung GPFE mencapai 3 ribuan orang yang berasal dari pejabat pengadaan pemerintah pusat dan daerah. Jumlah ini tentunya akan menjadi potensi pengunjung di agenda EVSE 2023 juga,” ujarnya.

Ruslim berharap, melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan tercapai target yang maksimal dari masing-masing pihak yang terlibat, berupa eksposur yang tertarget bagi para exhibitor dan sponsor serta knowledge update bagi para pengunjung baik para pejabat pemerintah pusat/dareah maupun masyarakat umum terkait EV beserta ekosistem pendukungnya yang tersandardisasi.

LEAVE A REPLY