Jokowi Buka IIMS 2023, Arahkan Industri Otomotif Untuk Lebih Banyak Ekspor

0
Jokowi buka IIMS 2023

ROCKOMOTIF, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di Ballroom JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 16 Februari 2023. Dalam sambutannya Jokowi mengatakan jika penjualan mobil dan motor di Indonesia sudah mengalami peningkatan setelah masa pandemi.

“Industri otomotif kita memiliki prospek dan tumbuh sangat signifikan, tahun lalu naik 18 persen, penjualan tahun lalu 1 juta 80 ribu mobil dan juga sepeda motor mengalami peningkatan 3,3 persen. Meningkat diangka 5,521 juta unit motor,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga menyebutkan jika dengan semakin meningkatnya penjualan mobil dan motor di Indonesia, para produsen otomotif juga dihimbau untuk memperbanyak ekspor ke mancanegara. Meskipun menurutnya angka ekspor otomotif Indonesia juga sudah meningkat dari tahun sebelumnya.

JOkowi IIMS 2023

“Angka yang sangat besar, supaya tidak semakin macet, Saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi ke ekspor memang peningkatannya sejak 2021, dari 300 ribu sudah naik 600 ribu itu saya mengucapkan terimakasih. Tapi kita masih kalah dari Thailand, dan saya ingin mendorong ekspor semakin tinggi biar semakin naik tiap tahun,” tambah orang nomor satu di Indonesia ini.

Baca juga: Esemka Siap Tampil di IIMS 2023 dan Jadwal Konser Musik

Pameran otomotif IIMS 2023 yang digelar pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran dengan diikuti oleh 45 brand kendaraan dan ada 18 produk launching.

Total ada 145 peserta di IIMS 2023 ini, dengan 45 peserta merupakan merk kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis menghadirkan 400 ribu pengunjung dalam 11 hari, dengan target transaksi senilai Rp 3,8 Triliun.

Mengusung tema BOOST (Bringing Opportunity for Otomotive Society Together), IIMS 2023 mewadahi ruang temu bagi pelaku bisnis, komunitas, dan konsumen, bahkan IIMS telah menjadi rantai ekosistem baru bagi industri otomotif Indonesia.

LEAVE A REPLY