Merasakan Performa Toyota Yaris Cross Hybrid, Lincah dan Nyaman

0
performa toyota yaris cross hybrid

ROCKOMOTIF, TangerangSUV baru dari PT Toyota Astra Motor (TAM) yaitu Yaris Cross menjadi penantang Honda HR-V dan juga Hyundai Creta, namun kelebihannya adalah punya varian hybrid. Nah kali ini kami berkesempatan untuk merasakan langsung performa dan juga kenyamanan dari Yaris Cross Hybrid.

Toyota Yaris Cross sendiri merupakan mobil hybrid kedua yang diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) setelah Innova Zenix. Tak main-main, kandungan lokal dari SUV ini sudah mencapai 80 persen.

Sebagai pendatang baru dan status produksi Indonesia, banyak yang penasaran bagaimana rasa mengendarainya. Tipe yang dijajal adalah Yaris Cross S HEV GR Two Tone yang merupakan varian tertinggi dengan banderol Rp454,95 juta di seputar daerah BSD City, Tangerang.

 toyota yaris cross hybrid

Mengusung teknologi hybrid, ketika dinyalakan tidak ada suara mesin yang terdengar karena mode pertama adalah motor listrik saja yang bekerja. Namun ketika pedal gas diinjak lebih dalam, terdengar suara mesin bensin.

Baca juga: Toyota Akhirnya Rilis Harga Yaris Cross, Paling Murah Rp 351 Juta

Sebagai informasi mobil ini memiliki dua sumber tenaga dari mesin 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder bertenaga 89 hp pada engine dan 79 hp pada motor listrik dengan torsi 121 Nm pada engine dan 141 Nm pada motor listrik.

Yaris Cross hybrid memiliki tiga mode berkendara, yakni Normal, Eco, dan Power. Saat mencoba mode Power, tenaga yang dihasilkan sangat besar dibandingkan ketika berkendara dengan mode Normal.

 toyota yaris cross hybrid

Tenaga dari motor listrik ini sangat bergantung pada kapasitas baterai dan juga injakan pada pedal gas. Jika pedal gas diinjak terlalu dalam maka otomatis mesin bensin akan langsung bekerja. Dianggap oleh komputer jika pengemudi ingin bergerak lebih cepat.

Perpindahan transmisi juga terasa sangat halus berkat penggunaan CVT, tidak ada sentakan kasar yang mengganggu sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman. Pada tuas transmisi tersedia pilihan B yang digunakan untuk mengisi baterai secara cepat dari putaran mesin.

Pengendalian baik dan nyaman

Dari segi handling, Yaris Cross memiliki kestabilan yang cukup baik. Saat diajak untuk bermanuver di tikungan dengan kecepatan 60 km/jam sangat minim terasa body roll di dalam kabin.

 toyota yaris cross hybrid

Untuk sebuah SUV, mobil ini memiliki radius putaran yang cukup lebar, sehingga terasa nyaman saat melakukan putar balik di jalan sempit.

Yaris Cross hybrid memiliki fitur kemudi tilt dan telescopic, sehingga setir bisa maju, mundur, naik, dan turun, yang memungkinkan posisi mengemudi dengan nyaman.

Saat pertama kali duduk, Yaris Cross terasa sangat berorientasi pada pengemudi. Posisi duduk pengemudi cukup nyaman dan bisa diatur dengan menekan tombol yang seluruhnya dikendalikan secara elektrik.

Baca juga: Menperin Tantang Toyota Untuk Ekspor Yaris Cross ke Australia

Di dalam kabin juga aura elegan langsung terasa berkat adanya permainan warna yang didominasi hitam dan sentuhan biru pada jahitan di jok mobil.

Satu yang menjadi nilai plus adalah fitur panoramic roof dengan ukuran cukup lebar yang bisa dibuka tutup secara elektrik. Panoramic roof ini juga juga memiliki kaca dapat meredam panas dengan baik sehingga suhu ruangan di dalam kabin tetap sejuk.

Untuk fitur canggih sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense. Meliputi fitur Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LKC), Pedal Misoperation Control (PMC), dan Front Departure Alert (FDA).

LEAVE A REPLY