Menperin Tantang Toyota Untuk Ekspor Yaris Cross ke Australia

0
eskpor yaris cross australia

ROCKOMOTIF, Karawang – Produk dari Toyota Indonesia memang sudah banyak yang diekspor ke mancanegara, tapi ada satu yang menjadi tantangan dan ini diungkapkan oleh Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara peresmian ekspor perdana Toyota Yaris Cross di Karawang, Selasa 13 Juni 2023.

Menperin berharap jika mobil yang kandungan lokalnya sudah mencapai 80 persen ini bisa juga diekspor ke negara Australia. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memang sudah mengekspor Toyota Fortuner ke negeri Kangguru tersebut.

“Saya berharap Yaris Cross bisa jadi bagian ekspor Toyota dari Indonesia ke market Australia. Saya dapat laporan market di Australia demand akan SUV cukup tinggi, mereka baru mencukupi SUV besar, dan small size SUV demandnya luar biasa,” ujar Menperin di Karawang, Jawa Barat.

harga toyota yaris cross

Kendaraan hasil produksi TMMIN ini menjadi pabrikan mobil Indonesia pertama yang menembus pasar Australia sejak Maret 2022, melalui Toyota Fortuner.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Sudah Langsung Diekspor ke 25 Negara

Gerbang masuk mobil buatan lokal ke negeri kangguru itu dipermudah melalui kemitraan komperhensif Indonesia-Australia atau Compreshensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), dan persetujuan principal Toyota.

Menurut Agus Gumiwang, brand yang memiliki pabrik di Indonesia jika sudah menjangkau negara tersebut dianggap memiliki kualitas tinggi. Karena bukan perkara mudah, mengingat peraturan keselamatan untuk kendaraan roda empat itu cukup ketat.

“Dan kita ini kalau sudah bisa ekspor ke Australia menjadi achievement sendiri. Jadi kalau memang Indonesia bisa ekspor ke Australia artinya kendaraan yang diproduksi punya kriteria sangat tinggi,” tambah Agus Gumiwang.

ekspor yaris cross hybrid

Target Ekspor 22 Ribu Unit

Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis All New Yaris Cross. Mobil SUV kompak 5-penumpang tersebut diproduksi lokal oleh TMMIN dengan nilai investasi Rp2,5 triliun yang hadir dalam 6 varian termasuk hybrid.

Untuk tahap pertama, Toyota punya target ekspor Yaris Cross sebanyak 22 ribu unit sampai akhir tahun ini. Dengan tujuan ekspor 25 negara termasuk Asia, dan kawasan Amerika Latin dengan konsep setir kiri.

Yaris Cross ditawarkan dalam dua pilihan jantung pacu, yaitu mengandalkan mesin 1.500cc berkode 2NR-VE yang menyemburkan tenaga 104,6 hp, dan torsi 138 Nm.

baterai yaris cross hybrid

Baca juga: Toyota Akhirnya Rilis Harga Yaris Cross, Paling Murah Rp 351 Juta

Yaris Cross Hybrid, mengkombinasikan mesin bensin berkode 2NR-VEX bertenaga 89,9 hp dan torsi 121 Nm, dengan motor listrik untuk menggerakkan roda depannya bertenaga 59 kw dengan torsi 141 Nm.

Daftar harga Toyota Yaris Cross di Indonesia:

Yaris Cross 1.5 G MT: Rp351 juta
Yaris Cross 1.5 G CVT: Rp364 juta
Yaris Cross 1.5 S CVT: Rp407,700 juta
Yaris Cross 1.5 S CVT GR Aero Package: Rp417 juta
Yaris Cross 1.5 S Hybrid CVT: Rp440,600 juta
Yaris Cross 1.5 S Hybrid CVT GR Aero Package: Rp449,950 juta

LEAVE A REPLY