Hyundai Ioniq 6 Resmi Dipasarkan di GIIAS 2023, Harga Rp 1,1 Miliar

0
Hyundai Ioniq 6

ROCKOMOTIF, Tangerang – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan model terbaru dari lini electric vehicle (EV) Ioniq, yakni Ioniq 6 di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil tanpa emisi ini ditawarkan dengan harga Rp 1,197 miliar (on the road Jakarta).

Ioniq 6 melengkapi lini kendaraan listrik Hyundai yang semakin lengkap bersama Ioniq 5.

“Ioniq 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. Hadirnya Inoiq 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia,” jelas WooJune Cha, President Director of HMID.

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, Ioniq 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis. Ioniq 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Memulai Debutnya di Goodwood

Hyundai Ioniq 6

“Ioniq 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik. Maka dari itu, Ioniq 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien daya saat ini,” tambah Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer of HMID.

Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya. Salah satunya adalah gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles yang telah dirancang untuk meningkatkan aerodinamika dari kendaraan. Aspek ini didukung oleh penampilan stylish Ioinq 6 dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Kesan mewah dan futuristis pada eksterior Ioniq 6 pun tampak dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler.

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai Ioniq 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna. Dilengkapi dengan platform E-GMP untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, Ioniq 6 memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Mengaspal di GIIAS 2023, Harga Mulai Rp325 Jutaan

Secara keseluruhan, dimensi IONIQ 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

Lapangnya interior IONIQ 6 juga semakin maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik pada pintu depan untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang.

Ioniq 6 juga menghadirkan kenyamanan maksimal di tiap kursi. Di baris depan, pengguna akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan.

Lalu, kursi pengemudi dan kursi penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi.

Baca juga: Recall Hyundai Ioniq 5 Kembali Diberlakukan, Konsumen Harus Waspada

Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Tenaga maksimal pun memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Hyundai Ioniq 6

Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km.

Peningkatan platform E-GMP juga memungkinkan pengisian daya yang lebih optimal. Mobil listrik ini telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW. Pemilik Hyundai bisa menikmati pengisian super cepat ini di Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta.

Ioniq 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%) dan AC standard charging dengan daya 7kW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0%–100%).

LEAVE A REPLY