Ryan Nirwan Cetak Hattrick Kemenangan di Kejurnas Sprint Rally 2023

0
Performa Toyota GR Yaris AP4 antarkan Ryan Nirwan jadi Juara Sprint Rally Indramayu
Performa Toyota GR Yaris AP4 antarkan Ryan Nirwan cetak hattrick kemenangan (Foto: TGRI/Adrenal Rio)
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Indramayu – Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, Ryan Nirwan, sukses memberikan kejutan dengan menjadi juara Sprint Rally Indramayu 2023 yang berlangsung akhir pekan lalu (29/10).

Sepanjang balapan yang digelar pada Sabtu dan Minggu, ia tidak hanya sukses meraih podium pertama, namun di balik kesuksesannya tersebut pereli yang bertandem dengan Adi Indiarto, juga mencetak hattrick kemenangan sepanjang tiga putaran terakhir.

Sebelum resmi menjadi juara Sprint Rally Indramayu, ia juga tampil brilian pada saat laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, dan Sirkuit Puslatker TNI AL, Bedali, Lawang, Jawa Timur, dengan meraih podium tertinggi.

Ryan Nirwan juara sprint rally Indramayu 2023
Ryan Nirwan saat merayakan podium pertama di Indramayu (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

Menanggapi performa maksimalnya tersebut, Ryan Nirwan, menjelaskan bahwa sejatinya ia sempat merasa pesimis setelah pada tiga putaran pertama, performa Toyota GR Yaris AP4 belum maksimal. Hasilnya, ia harus berjuang dengan lebih keras pada sisa laga yang tersisia, dan beruntung improvement yang dilakukan mengantarkannya sukses pada tiga pertempuran terakhir.

“Alhamdulillah, meski dari awal tahun terasa berat untuk bisa meraih Juara Nasional Sprint Rally 2023 dan melihat kondisi persaingan dengan mobil-mobil Rally2, kini kita membuktikan bahwa Toyota GR Yaris AP4 masih bisa bersaing secara kompetitif dengan meraih hattrick podium pertama Sprint Rally,” ungkap Ryan Nirwan.

Perjuangan pereli kelahran 27 Juli cukup terjal pada leg pertama (28/10). Rival utamanya, Rihans Variza dari HRVRT Rally Team yang turun menggunakan Hyundai i20 R5, berhasil unggul dengan torehan waktu 3 menit 27,1 detik. Sementara Ryan Nirwan, terpaut 1,5 detik dari pengusaha batu bara tersebut dengan torehan waktu 3 menit 28,6 detik.

Improvement dari waktu ke waktu antarkan Ryan Nirwan meraih Juara Sprint Rally Indramayu 2023
Improvement dari tim engineer sukses memaksimalkan potensi Toyota GR Yaris AP4 (Foto: TGRI/Adrenal Rio)

Sejurus kemudian, setelah melakukan review serta membenahi beberapa aspek, pada SS kedua ia berhasil memukul balik dan meraih fastest dengan catatan waktu 3 menit 22,6 detik, dan berhasil mempertipis gap dengan Rihans.

Target juara Sprint Rally Indramayu kemudian menjadi realistis lantaran setelah SS3 dan SS4 yang dilangsungkan dengan pola anti-clockwise (berlawanan arah jarum jam), Ryan, sukses memutarbalikkan keadaan dengan mengungguli Rihans yang berpasangan dengan Anthony Sarwono.

“Pada SS1 memang kita masih mencoba untuk cari feel di track, karena memang track kali ini berbeda dari Si Jalak Harupat dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) karena ini slippery banget. Kita benar-benar mencari feel kondisi trek kaya apa. Tapi di SS kedua, ketiga dan keempat, mulai ketemu ritmenya dan berhasil memaksimalkan potensi GR Yaris AP4 ini,” lanjutnya.

Toyota GR Yaris AP4 Ryan Nirwan sukses antarkan juara sprint rally indramayu 2023
Performa Toyota GR Yaris AP4 sukses ungguli mobil Rally2 (Foto: TGRI/Adrenal Rio)

Keberhasilannya tersebut sekaligus memberikan stigma bahwa performa Toyota GR Yaris AP4 yang ia kemudikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski saat ini kondisinya ia seakan dikeroyok dengan mobil Rally2 yang notabene memiliki spesifikasi lebih tinggi, namun sepanjang rangkaian Sprint Rally 2023 ia sukses menutup rangkaian dengan meraih hattrick kemenangan dibandingkan para pesaingnya.

“Kita berharap PT Toyota-Astra Motor bisa mendatangkan GR Yaris Rally2 tahun depan untuk bisa melengkapi persaingan yang lebih berkelas. Karena bagaimana pun, pada beberapa situasi seperti lintasan, kita tidak bisa berbuat banyak ketika berhadapan dengan mobil Rally2,” pungkas Ryan Nirwan usai menjadi juara Sprint Rally Indramayu akhir pekan lalu. (*)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY