Penampilan Gemilang Pembalap TGRI di Toyota Yaris Cup 2023

0
Jordan dan Amato wakili TGRI di ajang Toyota Yaris Cup 2023 di Jepang
Jordan dan Amato wakili TGRI di ajang Toyota Yaris Cup 2023 di Jepang (Foto: TGRI/Agung Lawerissa)
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, JEPANG – Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil menyelesaikan tantangan pada gelaran Toyota Yaris Cup 2023 yang berlangsung Sabtu (24/11/2023) di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, lewat dua pembalap andalannya, Jordan Johan dan Amato Rudolph.

Keduanya tampil impresif sejak sesi kualifikasi dimulai pada siang hari. Bertarung dengan menggunakan mobil berspesifikasi sama, baik Jordan dan Amato, memberikan pencapaian yang baik pada sesi tersebut.

Jordan Johan, harus memulai balapan dari posisi ke-28, namun karena ia terkena penalty track limit sehingga ia dijatuhi hukuman mundur tiga grid sehingga harus memulai balapan dari posisi ke-31. Sedangkan Amato Rudolph, mengawali balapan dari posisi ke-25. Urutan tersebut mampu mengalahkan puluhan peserta lainnya dari Jepang, di mana untuk total peserta pada Toyota Yaris Cup 2023 ini sebanyak 54 pembalap yang lolos kualifikasi.

Jordan dan Amato wakili TGRI di ajang Toyota Yaris Cup 2023 di Jepang
Jordan Johan tuntaskan pertarungan di posisi ke-19 dari 54 pembalap (Foto: TGRI/Agung Lawerissa)

“Saya merasa balapan kali ini lebih tertantang karena rival-rival saya lebih sengit fight-nya. Tapi saya juga merasa lebih relax dalam balapan, ini karena pengalaman saya tahun lalu dan Alhamdulillah sepanjang balapan tidak terjadi body contact dengan rival saya,” buka Jordan.

Meski demikian, perjuangan Jordan Johan berhasil menembus ketatnya persaingan karena ia berhasil melakukan overtake sebanyak 12 mobil dan sukses menuntaskan balapan di posisi ke-19.

“Pada saat Toyota Yaris Cup 2023 berlangsung, saya berhasil mengovertake sebanyak 12 mobil dan sukses mencetak laptime yang juga lebih bagus dari tahun lalu yaitu 2.15.116,” tambahnya.

Sementara itu, rekan satu timnya, yakni Amato Rudolph, harus lebih ekstra dalam menuntaskan balapan tersebut. Sebab, penampilannya yang sangat baik saat sesi kualifikasi tidak berbuah keberuntungan pada saat balapan. Ia mengalami kendala teknis dengan mobil balapnya sehingga penampilannya menjadi anti klimaks.

Jordan dan Amato wakili TGRI di ajang Toyota Yaris Cup 2023 di Jepang
Mobil balap Amato Rudolph sempat terkenala teknis saat balapan (Foto : TGRI/Agung Lawerissa)

“Saya mengawali hari ini dengan kualifikasi dan dapat di posisi 25. Kemudian saat race saya bisa maju lumayan banyak hingga menempati posisi 19 dalam waktu dua lap saja. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak kepada saya, saat lap ke-3 sedang fight, tiba-tiba mesin mobil saya kehilangan tenaga dan langsung tersalip oleh rival rival,” jelas Amato usai melakoni Toyota Yaris Cup 2023 sebanyak 10 putaran.

Meski demikian, hasil tersebut tidak membuatnya berkecil hati. Ada poin penting yang ia dapatkan atas kesempatan untuk berkompetisi di luar negeri. Terlebih untuk jam terbang dalam hal kompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi sama.

“Di sini saya dituntut untuk cepat beradaptasi dan balapan ini benar-benar membuka mata saya bahwa balapan dengan spek yang benar-benar imbang memiliki keunikan dan strategi yang menarik,” imbuh pembalap kelahiran 20 September ini. (*)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY