Usung Kategori Baru, Berikut Pemenang Mobil Terbaik FORWOT 2023

0
Pemenang mobil terbaik FORWOT 2023
Hasil skoring finalis FORWOT Cars of The Year 2023 kategori ICE

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah merumuskan 15 mobil finalis dari 3 kategori, pemenang mobil terbaik FORWOT 2023 akhirnya diumumkan pada Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta.

Tiga kategori tersebut terbagi atas mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine), Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV). Pemilihan juara tersebut berdasarkan parameter desain, kenyamanan, keselamatan, performa, handling, fungsionalitas, pengalaman berkendara serta harga.

Tampil sebagai pemenang mobil terbaik FORWOT 2023 di kategori ICE, berhasil diraih oleh Chery Omoda 5, dengan mendapatkan skor tertinggi 131 poin, dan diikuti oleh Honda HR-V, kemudian Mitsibishi XFORCE, Wuling Alvez dan Hyundai Stargazer.

Pemenang mobil terbaik FORWOT 2023
Penyerahan plakat pemenang kategori ICE untuk Chery Sales Indonesia

Sementara pada kategori HEV atau Hybrid, penghargaan tersebut diberikan kepada Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dengan skor 157 poin. Favorit kedua diraih oleh Wuling Almaz Hybrid, kemudian diikuti oleh Honda CR-V e:HEV, Suzuki Grand Vitara dan terakhir Suzuki XL7 Hybrid. Sementara pada segmen kendaraan listrik, jenama otomotif asal Tiongkok, Wuling sukses menyabet juara lewat Air EV dengan raihan 129 poin, kemudian dibuntuti oleh Hyundai Ioniq 6, Toyoya bZ4X, Kia EV6 GT dan ditutup oleh Neta V.

“Seluruh juri telah menentukan pemenang FORWOT Cars of The Years dengan memilih satu mobil terbaik dari tiga kategori yang dilombakan. Dengan adanya penetapan mobil-mobil terbaik versi FORWOT, diharapkan akan memacu dan dapat menjadi pendorong industri otomotif Indonesia dalam memberikan produk-produk berkualitas baik bagi para konsumen dalam negeri maupun mancanegara,” ungkap Ketua Dewan Juri Forwot Cars of The Year 2023, Mufrod.

Pemenang mobil terbaik FORWOT 2023
Pemenang dan para juara favorit FORWOT Cars of The Year 2023

Dalam setiap penilaian kategori, masing-masing juri dibekali 25 point yang harus habis dibagikan ke para finalis. Juri diperkenankan untuk memberikan 10 point hanya kepada 1 model pada setiap kategori. Penjurian digelar secara tertutup, serta mengedepankan profesionalitas.

Kategori Hybrid dan BEV merupakan kategori-kategori yang baru. Ini merupakan tanggapan dari FORWOT terhadap tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

“Hadirnya kategori-kategori baru yakni Hybrid Electric Vehicle termasuk Strong/Mild Hybrid dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle, serta BEV tak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” pungkas Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT. (*)

LEAVE A REPLY