Adira Finance Dapat Pinjaman Sindikasi Senilai USD 300 Juta

0
Adira Finance dapat pinjaman sindikasi senilai USD 300 juta
Adira Finance dapat pinjaman sindikasi senilai USD 300 juta
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan ternama di Indonesia, Adira Finance, berhasil mendapatkan kepercayaan dari investor asing dengan mendapatkan fasilitas pinjaman sindikasi sebesar USD 300 Juta.

Pemberian pinjaman sindikasi tersebut, diberikan lantaran track record perusahaan pembiayaan tersebut berhasil mendapatkan penilaian tertinggi dari peringkat kredit nasinal yaitu idAAA (stable look), di mana kategori tersebut merupakan peringkat teratas dari Pefindo.

Meskipun Adira Finance berhasil mendapatkan suntikan dana tersebut, saat ini pihaknya akan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kian bangkit pasca pandemi Covid-19.

Dalam proses penerbitan pinjaman sindikasi ini, Adira Finance menunjuk CTBC Bank Co, Ltd; DBS Bank Ltd; Maybank Securities Pte, Ltd; MUFG Bank Ltd; dan United Overseas Bank Limited sebagai mandated lead arrangers dan bookrunners.

“Kami merasa senang mendapatkan pendanaan dari lembaga-lembaga terkemuka sehingga dapat mendorong pertumbuhan Adira Finance dalam bisnis pembiayaan, khususnya pembiayaan otomotif dan juga pembiayaan non-otomotif,” jelas Dewa Made Susila, Direktur Utama Adira Finance.

Seperti tahun-tahun sebelumnya sejak penerbitan pinjaman sindikasi yang pertama, Perusahaan akan melakukan lindung nilai penuh (fully hedged) atas fasilitas ini untuk memitigasi risiko mata uang (currency risk) dan suku bunga (interest rate risk).

“Kami berhasil merampungkan pinjaman sindikasi ke sembilan di tahun 2024.  Fasilitas ini akan membantu bisnis pembiayaan kami di seluruh Indonesia dan membantu mendukung target pertumbuhan penyaluran pinjaman kami pada tahun 2024,” tambah Dewa Made Susila.

Kepercayaan investor terhadap Adira Finance tetap kuat, terlihat dari penerbitan pinjaman sindikasi ini yang mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 3,2 kali dari rencana awal. Fasilitas ini telah berhasil menarik minat para investor asing yang sebagian besar berasal dari Singapura, Taiwan dan Jepang. Fasilitas ini berjumlah USD300 juta dengan tenor 3 tahun dan tingkat bunga yang kompetitif.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY