3 Keunggulan Jimny 5-door untuk Konsumen

0
Keunggulan Jimny 5-door
Simak eunggulan Jimny 5-door yang meluncur di IIMS 2024
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Bicara terkait keunggulan Jimny 5-door yang dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, salah satu hal yang dapat dirasakan adalah tingkat kestabilannya.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat sasis yang digunakan antara model ini dengan model tiga pintu memiliki perbedaan, maka dengan penggunaan sasis yang lebih panjang akan membuat pergerakan mobil menjadi lebih stabil terlebih saat melintasi kontur yang tidak rata.

Hal ini juga diungkapkan oleh offroader Tanah Air, Julian Johan, atau yang akrab disapa Jeje. Sosok yang memang kental dengan dunia SUV dan 4×4 ini menjelaskan perihal kestabilan yang jadi keunggulan Jimny 5-door ini.

Keunggulan Jimny 5-door
Versi long wheelbase ini lebih stabil dibandingkan model tiga pintu

“Dengan mobilnya yang lebih panjang, bantingannya jadi lebih empuk. Sama satu lagi, kalau mobil panjang, di medan offroad jadi lebih stabil untuk melewati jalan-jalan yang tidak rata. Ini dikarenakan jarak antara sumbu garda depan dan belakang lebih jauh,” jelasnya.

Tidak hanya bisa diandalkan di medan off-road, tetapi keunggulan Jimny 5-door ini juga bisa dirasakan saat melintasai jalan on-road. Dalam hal ini, berbekal penggunaan long wheelbase, tingkat pengendalian juga berasa lebih mantap saat jalan di kontur yang rata.

“Kita tidak bicara off-road. Saat jalan di medan on-road pun, model ini lebih enak karena wheelbase lebih panjang. Dengan begitu pengendalian mobil akan lebih stabil,” tambahnya.

Adapun keunggulan Jimny 5-door lainnya yang juga dirasakan oleh Jeje adalah suspensinya yang kini lebih asik untuk diajak bermain off-road. Dibekali dengan fitur 3-Link Rigid Axle with Coil Spring di bagia depan dan belakang, bantingan yang dihasilkan menjadi lebih enak dibandingkan dengan model tiga pintu.

Keunggulan Jimny 5-door
Selain itu, handling yang dihasilkan juga lebih matang

“Jadi sekarang itu, suspensinya untuk yang long wheelbase ini buat dipake offroad bantingannya lebih enak dibandingkan dengan model tiga pintu. Dan di bagian belakangnya, juga ada perbedaan yakni as kopel lebih panjang karena jaraknya lebih jauh dari gardan belakang,” jelas pereli yang berhasil menuntaskan ajang AXCR 2023 dari Thailand menuju Laos.

Kendati demikian, di balik keunggulan Jimny 5-door, ada satu kekurangan dari model tersebut lantaran mengadopsi long wheelbase. Dengan dimensi yang lebih berjarak tadi, maka radius putarnya pun menjadi lebih sedikit. (*)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY