Impresi Berkendara Chery Tiggo 5X, Nyaman dan Fiturnya Komplit

0
impresi berkendara Chery Tiggo 5X

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Chery Sales Indonesia (CSI) sudah menghadirkan Chery Tiggo 5X di IIMS 2024 pada Februari kemarin. SUV kompak ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu Classic seharga Rp269 juta dan Champion Rp299 juta on the road.

CSI pun memberikan kesempatan kepada media nasional untuk merasakan seperti apa impresi berkendara dengan SUV terbaru Tiggo 5X yang akan menantang Wuling Alvez dan juga Hyundai Creta di Indonesia.

Kesempatan untuk mencicipi impresi awal dari SUV 5 penumpang ini dilakukan di area PIK 2, Jakarta Utara. Area pengujiannya pun tidak terlalu jauh dengan jalur yang cenderung aspal mulus dipadu dengan jalan batu konblok.

Baca juga: Chery Tiggo 5X Sasar Konsumen Muda Perkotaan

Hal pertama saat masuk ke dalam kabin, Tiggo 5X ini ternyata menawarkan posisi duduk yang nyaman dengan visibilitas yang baik. Material interiornya tidak murahan, dengan panel dasbor dan door trim berlapis soft touch yang empuk berpadu dengan jahitan merah pada tipe Champion.

chery tiggo 5x

Kemudian yang juga cukup menarik adalah di mobil yang ringkas ini ternyata terdapat 34 ruang penyimpanan di dalam kabin. Sangat berguna bagi konsumen yang mempunyai banyak barang bawaan di mobilnya.

Tak hanya itu, sistem hiburan pun terbilang canggih untuk mobil dengan harga tidak sampai Rp 300 juta karena sudah dibekali head unit floating dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci yang dapat terhubung dengan smartphone.

Baca juga: Chery Tiggo 5X Hybrid: Belum Saatnya Masuk Indonesia

Secara dimensi, Tiggo 5X ini sedikit lebih besar dibandingkan Honda WR-V, dengan panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.670 mm. Wheelbase-nya pun lebih panjang, yaitu 2.610 mm. Kemudian jika dibandingkan dengan Wuling Alvez, Tiggo 5X pun lebih lebar dan memiliki ruang kabin yang lebih lega.

head unit tiggo 5x

Fitur ADAS Komplit

Khusus tipe Champion atau tipe tertinggi yang menjadi unit tes kali ini tentunya punya fitur paling lengkap. Seperti sudah dilengkapi kamera 360 derajat yang memudahkan saat parkir. Kemudian juga ada sunroof yang menjadi nilai tambah Tiggo 5X di mata konsumen.

Panel instrumennya juga sudah digital penuh warna (TFT) berukuran 7 inci yang menampilkan informasi penting, termasuk teknologi ADAS (Advanced Driving Assitant System).

Teknologi ADAS pada Tiggo 5X termasuk yang paling lengkap di mana ada 7 fitur canggih yang saling terintegrasi. Ada fitur yang berfungsi untuk membaca marka jalan, kemudian fitur adaptive cruise control yang bisa mengatur mobil kapan harus berjalan dan mengerem sendiri tanpa perlu menekan pedal gas.

Baca juga: Chery Tiggo 5X: Pengiriman Dimulai Mei 2024, Harga Resmi Segera Diumumkan

Ada juga fitur yang memberikan peringatan saat mobil keluar jalur tanpa memberikan sinyal atau lampu sein. Sampai ke fitur yang akan mengingatkan pengemudi jika sudah lelah dan harus beristirahat karena mengemudi lebih dari 4 jam lamanya.

Tiggo 5X juga dilengkapi fitur perintah suara berbahasa Inggris untuk berbagai fungsi, seperti membuka dan menutup sunroof.

chery tiggo 5x

Performa Mesin dan Handling yang Stabil

Itu tadi bicara soal fitur canggih yang ada di Tiggo 5X, tapi bagaimana impresi berkendaranya, apakah bisa menyaingi kompetitornya yang sudah banyak di Indonesia.

Karena kalau harga sudah oke, fitur sudah canggih tapi ketika dibawa jalan mobilnya tidak nyaman, tidak responsif, maka keunggulan yang tadi akan sia-sia.

Meskipun dimensinya sedikit lebih besar dari mobil sekelasnya, Tiggo 5X tetap memberikan kesan fun to drive, lincah, dan handling yang stabil. Performanya ketika pedal gas diinjak habis saat berakselerasi terasa cukup.

Baca juga: Wuling Alvez, Compact SUV di Bawah Rp 300 Juta dengan Fitur Melimpah

chery tiggo 5x

Ya, terasa cukup untuk mesin 1.500cc yang bisa menghasilkan tenaga 112 dk dan torsi 138 Nm. Dipadukan dengan transmisi CVT 7-percepatan, akselerasi Tiggo 5X ini pun terasa halus dan linier, tidak ada komplain soal tarikan dan juga performa mesin apalagi kalau hanya untuk penggunaan di dalam kota.

Sebagai sebuah SUV 5 penumpang yang cukup ringkas, gejala limbung terasa cukup minim saat bermanuver di kecepatan tinggi, berkat wheelbase yang panjang dan ground clearance yang tidak terlalu tinggi. Kabin yang kedap suara menambah kenyamanan saat berkendara.

Chery Tiggo 5X ini menawarkan kombinasi fitur canggih, ruang kabin yang lega, dan harga yang terjangkau. Dengan statusnya sebagai produksi dalam negeri, SUV ini bisa menjadi ancaman baru bagi SUV 5-penumpang di kelasnya.

LEAVE A REPLY