Importir Umum Jual GR Yaris Rally2, Begini Respon Toyota

0
Toyota GR Yaris Rally2 resmi dijual di Indonesia lewat importir umum
Toyota GR Yaris Rally2 resmi dijual di Indonesia lewat importir umum
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Toyota-Astra Motor (TAM) belum lama ini menginformasikan bahwa kehadiran GR Yaris Rally2 untuk pereli andalannya Ryan Nirwan belum bisa terlaksana lantaran adanya ‘peraturan’ yang diterapkan oleh Gazoo Racing.

Dengan begitu, Ryan Nirwan masih harus berjibaku dengan mobil rally AP4 miliknya dalam dalam kompetisi sprint rally dan rally di Indonesia.

Namun penggemar motorsport Tanah Air dibuat terkejut melalui postingan Alvin Motor Indonesia, salah satu importir umum yang kerap mendatangkan mobil-mobil eksotis dan supercar ke Indonesia lantaran mengunggah GR Yaris Rally2 yang siap dipinang.

“ALVIN MOTOR x BIKER PLUS PROUDLY PRESENTS: TOYOTA GR YARIS RALLY2,” tulis postingan Alvin Motor Indonesia pada Minggu (12/05/2024).

Toyota GR Yaris Rally2 resmi dijual di Indonesia lewat importir umum
Alvin Motor Indonesia memposting Toyota GR Yaris Rally2 bisa dibeli oleh orang Indonesia lewat mereka

Dalam postingan tersebut, importir umum tersebut juga turut mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila ada yang tertarik untuk membelinya. Namun, mereka tidak menginformasikan secara resmi apakah mobil ini sudah mendarat di Indonesia atau belum. Bahkan, untuk harganya pun tidak dicantumkan oleh pihak importir tersebut.

Mendapati postingan tersebut, Tim ROCKOMOTIF turut menghubungi Arie Hermawan, selaku Public Relation Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM). Dalam pesan singkatnya, ia menjelaskan mungkin unit yang dinagakan tersebut berstatus used car.

“Saat ini GR Yaris Rally2 baru difokuskan di Eropa dan Jepang untuk mendukung program balapan di regional tersebut. Jika ada importir umum yang menjual di Indonesia, mungkin membeli dari konsumen (tangan kedua) di Eropa atau Jepang,” tulis Awan.

Namun, untuk kepastiannya apakah unit tersebut sudah didapatkan oleh Toyota Gazoo Racing Indonesia atau belum, Awan, masih belum bicara banyak. Menurutnya, hal tersebut masih diusahakan oleh pihaknya agar mobil tersebut bisa mendarat mulus di Indonesia dan digunakan oleh pereli andalannya.

Pencapaian Toyota Gazoo Racing Indonesia begitu impresif
GR Yaris APR4 yang diturunkan untuk kejuaraan nasional rally dan sprint rally (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

Terkait kehadirannya di ajang motorsport dunia, memang untuk unit tersebut belum secara penuh digunakan oleh tim balap baik privateer maupun yang berada di bawah naungan Gazoo Racing.

Dari beberapa informasi yang didapat, hal tersebut karena masih dalam tahap pengembangan sehingga apabila ada kerusakan atau sesuatu yang belum maksimal, masih bisa didevelop lagi untuk mendapatkan versi yang lebih mumpuni.

Toyota GR Yaris Rally2 sendiri memiliki spesifikasi mesin tiga silinder segaris dengan dukungan turbocharged dengan kubikias 1.6 liter. Untuk engine management yang digunakan, mobil ini dibekali Bosch Motorsport ECU dan dipersenjatai dengan transmisi Sadev 5-speed sequential serta Motorsport-Specification Limited-Slip Differential. (*)

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY