Pembalap Haridarma Manoppo Jalani Sesi Pengenalan Sirkuit di Jepang

0
Pembalap Haridarma Manoppo lakukan pengenalan dua sirkuit di Jepang
Pembalap Haridarma Manoppo lakukan pengenalan dua sirkuit di Jepang (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di bawah naungan Toyota Gazoo Racing Indonesia, pembalap Haridarma Manoppo mulai melakukan pengenalan terhadap dua sirkuit di Jepang, yakni Sugo Sportland dan Suzuka.

Dalam kurun waktu kurang lebih sepekan ke depan, ia akan menjalani sesi adaptasi terhadap dua lintasan tersebut, yang nantinya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Japan Cup 2024.

Menurut pembalap Haridarma Manoppo, hal tersebut harus dilakukan lantaran ia sama sekali belum pernah melakukan balapan di sana. Terlebih, ia menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia dalam ajang balap tersebut.

“Jadi tujuannya datang ke sini (Jepang) pokoknya mau belajar, karena tracknya belum pernah sama sekali. Jadi saya belum pernah balap di sini, khususnya Sugo sama Suzuka, jadi tujuan ke sini pertama adalah belajar atau shakedown di Suzuka dan Sugo,” ungkapnya melalui pesan singkat.

Pembalap Haridarma Manoppo
Pembalap Haridarma Manoppo saat melakoni GT4 Asia di Thailand 2023 (Foto: TGRI/Agung Lawerissa)

Meski harus mengenal karakter sirkuit tersebut, namun dalam kesempatan tersebut ia tidak diperbolehkan melakukan pengujian menggunakan mobil balap Toyota GR Supra GT4 Evo. Hal ini karena tidak diperbolehkan lantaran dianggap dapat menguntungkan dirinya.

“Testnya tidak pakai mobil GR Supra GT4, karena enggak boleh pakai mobil itu. Dan untuk adaptasi, tidak ada yang harus diadaptasi lagi dari mobil. Jadi saya diminta harus sudah biasa dengan mobil itu. Sejauh ini engga ada penyesuaian lagi untuk mobil,” tambahnya.

Di samping itu, untuk lebih memberikan pengalaman yang lebih riil saat mempelajari sirkuit Sugo Sportland dan Suzuka, pembalap Haridarma Manoppo juga menjalani sesi melalui simulator yang telah disediakan oleh tim di Jepang.

“Selain track, saya di sini juga diajak untuk belajar pakai simulator, tujuannya adalah untuk lebih menghafal karakter sirkuitnya seperti apa,” imbuh Hari.

Sebagai informasi tambahan, pada musim 2023 lalu, ia bersama TGRI dan TCD Asia Pacific Indonesia TOM’S berhasil menempati posisi runner up di akhir musim. Pencapaian tersebut juga dibarengi dengan beberapa rekor yang ditorehkan olehnya bersama rekan satu timnya, Seita Nonaka.

Seri perdana Japan Cup 2024 akan berlangsung di Sirkuit Sugo Sportland pada 8-9 Juni 2024. (*)

LEAVE A REPLY