Women in Motorsport Jadi Oase di Pertarungan Sprint Rally Semarang 2024

0
Women in Motorsport jadi oase di Kejurnas Sprint Rally 2024
Women in Motorsport jadi oase di Kejurnas Sprint Rally 2024 (Foto: Eurostar Racing Team)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sejalan dengan misi dan visi dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) tentang pemberdayaan perempuan di ajang balap, IMI melalui kepanjangan tangannya, Women in Motorsport (WIM) mulai menunjukkan eksistensi.

Hal ini tentu bukan sekedar pemberi warna baru di ajang balap. Tetapi, kehadiran para Kartini Racing ini turut menjadi moment special lantaran ada belasan puan yang ambil bagian di Kejurnas Sprint Rally Semarang 2024, tidak hanya sebagai pereli tetapi sebagai pendukung sistem.

Dijelaskan oleh Alexandra Asmasoebrata, Ketua Women in Motorsport Ikatan Motor Indonesia, kehadiran mereka ini lebih ke arah untuk menumbuhkan peran serta wanita di ajang balap nasional.

“Fokus kita untuk terus meningkatkan keterlibatan wanita pada dunia motorsport, tidak hanya para pelaku saja yang kita harapkan bertambah, tapi juga beberapa peran penting di luar sirkuit,” ucap Alexandra.

Women in Motorsport jadi oase di Kejurnas Sprint Rally 2024
Alexandra Asmasoebrata, Ketua Women in Motorsport IMI Pusat (Foto: Eurostar Racing Team)

Rupanya, kehadiran Women in Motorsport di Indonesia, terlebih pada gelaran Kejurnas Sprint Rally di Semarang, Jawa Tengah, mendapat perhatian dari Ketua Komisi Rally, Boy Marthadinata.

“Harapan kami, pada tahun 2025 Sprint Rally bisa memiliki Kejuaraan Nasional khusus Kelas Wanita. Karena, setelah 1 tahun belakangan ini, setiap seri pasti terdapat pembalap wanita yg mendaftar melebihi batas untuk naik ke jenjang Kejurnas lantaran lebih dari 5 peserta,” tambah Boy.

Terkait kehadiran Women in Motorsport di event tersebut, tercatat ada belasan wanita yang terlibat secara langsung. Adapun mereka yang turut berpartisipasi tersebut, antara lain:

Pereli:

1. Marlina Saptorini
2. ⁠Vivit Fariana
3. ⁠Patricia Revalina P.
4. ⁠Diva Zahra
5. ⁠Rinda KH
6. ⁠Tyara Rally AN.
7. ⁠Larasati Widyaningsih
8. ⁠Lala Tangkudung

Co-Driver:

1. Dyandra
2. ⁠Shafa Annisa Hrp.
3. ⁠Nur Sakinah

Zero car:

Kiki Maryam

Stage commander:

Diptya Lalita

Assisten scrut:

Atiek

Team manager:

Ayu Wardhani

Team assistant:

Anita

LEAVE A REPLY