DFSK Glory 580 Punya Fitur Black Box Di Dalam Kabin, Ini Manfaatnya

0
dfsk glory 580 black box
SUV asal Tiongkok, DFSK Glory 580 punya fitur seperti black box di kabinnya

ROCKOMOTIF, Bandung – Pabrikan asal Tiongkok, DFSK punya satu senjata yang tidak dimiliki oleh semua kompetitornya. Satu-satunya fitur yang bekerja seperti halnya black box pada pesawat ini menjadi fitur standar di Glory 580, SUV andalah DFSK di Tanah Air.

Fitur ini dinamakan Vehicle Running Recorder (VRR) yang berfungsi untuk merekam segala kegiatan di luar mobil, tepatnya di bagian depan. Memang ini bukanlah fitur yang benar-benar baru, tapi baru DFSK saja yang menjadikan fitur ini standar di dalam mobil.

Fitur kamera perekam di dashboard mobil ini memang sudah lama hadir, hanya saja belum ada pabrikan mobil yang menjadikannya sebagai fitur standar. Pada Glory 580 ini alat ‘black box’ ini sudah tersedia di semua varian.

Baca juga: Baru Seumur Jagung, DFSK Langsung Manjakan Konsumennya

Menurut Head of Product Plan PT Sokonindo Automobiles (DFSK), Ricky Humisar, bahwa fitur yang mereka sebut sebagai black box-nya Glory 580 ini punya sistem kerja merekam semua aktifitas selama mobil berjalan.

“Rekaman ini akan ditampung melalui kapasitas ruang penyimpanan file sebesar 16 gigabyte. Memang tidak begitu besar untuk penyimpanan file video. Namun dengan kapasitas ini, sudah bisa menyimpan video dengan ragam durasi hingga sepekan hingga dua pekan lamanya. Tergantung dari frekuensi penggunaan rekaman,” tutur Ricky di sela Media Test Drive di Bandung beberapa waktu lalu.

Kamera yang berfungsi merekam segala perjalanan Glory 580 ini terletak di belakang kaca spion tengah

Sebagai Penambah Alat Safety

Ricky menambahkan bahwa cara penyimpanannya pun akan selalu menimpa (rewrite) hasil video sebelumnya. “Kapasitas 16 giga sebenarnya cukup, dan akan selalu me-rewrite video lama dengan video baru setelah kapasitas penyimpanan penuh,” jelasnya.

Artinya, jika Anda tak ingin file-file tersebut terhapus dari memori penyimpanan kamera VRR itu, bisa memindahkannya setiap sepekan sekali. VRR ini juga akan secara otomatis bekerja setiap kali mobil dijalankan.

Fungsinya pun bermacam-macam, yang paling penting adalah hasil videonya bisa untuk barang bukti jika Anda terlihbat kecelakaan. Dari hasil tersebut bisa terlihat kendaraan yang terlbat kecelakaan secara jelas.

Fungsi lainnya adalah merekam aksi kejahatan di jalan raya yang bisa terjadi di depan mobil.

Baca juga: DFSK Siapkan Dua Varian Baru GLory 580, Meluncur Di GIIAS 2018?

“Karena sistem ini pelengkap untuk fitur safety juga, kalau mungkin di negara maju dan berkembang lainnya ini mungkin sudah jadi fitur OEM dan digunakan untuk melihat apabila terjadi suatu accident,” ungkap Ricky.

DFSK sendiri cukup percaya diri dengan menghadirkan fitur keamanan ini yang tidak dimiliki oleh kompetitornya di Indonesia. Kenapa? Karena menurut Ricky, DFSK melakukan riset pasar di Indonesia, fitur ini akan bermanfaat.

“Dengan populasi kendaraan yang sangat besar di kota-kota besar khususnya Jabodetabek dan juga cukup tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Jadi kita lengkapi dengan fitur running recorder ini sebagai OEM dari DFSK,” tutupnya.

LEAVE A REPLY