Uji Coba MASTER Scooter Package di Yamaha NMAX

0
pelumas master

ROCKOMOTIF, Bogor – Setelah dirilis di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, MASTER Scooter Special Package akhirnya diuji coba secara langsung oleh Journalist Max Community (JMC).

Perjalanan Jakarta – Bogor, Jawa Barat (16-17/8) menjadi rute pengujian MASTER Scooter Special Package. Terdiri dari MASTER Durability SAE 10W-40 1 Liter, MASTER Engine Treatment dan MASTER Gear Oil GL-5 SAE 80W-90.

“Khusus untuk Yamaha NMax, MASTER Scooter Special Package perlu sedikit dimodifikasi, mengingat kebutuhan pelumas mesin sebanyak 900 ml dan gear oil 150 ml. Jadi kami menggunakan MASTER Durability SAE 10W-40 kemasan 1 liter. Dan menyesuaikan spesifikasi agar sesuai dengan piston forged yang digunakan Yamaha. Plus, memadukan MASTER Gear Oil dengan MASTER Metal Treatment agar volume oli gir di Yamaha NMax terpenuhi,” terang Peter Dionisius, Promotion Manager PT Autochem Industry.

MASTER Durability merupakan pelumas yang dirancang untuk mengakomodir kebutuhan mesin terhadap perbedaan material piston yang digunakan produsen mobil. Di mana proses pembuatan piston terbagi menjadi dua; piston casting (cetak) dan piston forging (tempa). Kedua piston inilah yang menentukan clearance (celah) dengan dinding silinder. Untuk itulah MASTER Durability tersedia dengan SAE 10W-30 dan SAE 10W-40.

Baca juga: Pelumas Master Siap Jadi Pilihan Rider Indonesia

yamaha nmax

MASTER Engine Treatment merupakan paket produk perawatan mesin yang terdiri dari; MASTER Petrol Injector, MASTER Oil System Cleaner dan MASTER Metal Treatment. Ketiga produk ini memiliki peran berbeda untuk menghasilkan performa mesin optimal.

MASTER Petrol Injector berfungsi untuk membersihkan sumbatan Sulfur di injektor dan mampu mengikat air di dalam tangki bensin sehingga dapat turut terbakar. Cara pemakaiannya, Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam tangki bensin. Komposisinya 50 ml berbanding 6 liter bensin.

Sedangkan MASTER Oil System Cleaner berperan untuk membersihkan residu yang terdapat di oli mesin agar dapat turut terbuang saat penggantian oli mesin. Tinggal menuangkannya, kemudian hidupkan mesin dalam kondisi idle selama 15 menit, lalu buang oli lamanya.

Baca juga: Journalist Max Community Touring Kemerdekaan Republik Indonesia

MASTER Metal Treatment menjadi solusi untuk peningkatan performa mesin. Dengan teknologi nano ceramic, MASTER Metal Treatment akan membuat gerakan antar komponen bergerak menjadi lebih licin sehingga mampu meningkatkan tenaga mesin.

Hasil tes di Yamaha NMax, menunjukan terjadi peningkatan tenaga dan torsi mesin dengan putaran yang lebih rendah, ketimbang tanpa MASTER Metal Treatment. Tenaga maksimal mengalami kenaikan 0,2 HP dan torsi maksimal 0,2 NM.

Sedangkan putaran mesin mengalami penurunan hingga 320 rpm. Kondisi awal tanpa MASTER Metal Treatment adalah 14,9 HP @ 7.530 rpm dan 14,3 NM @ 7.290 rpm menjadi 15,1 HP @7.470 rpm dan 14,5 NM@ 7.150 rpm.

Terakhir adalah MASTER Gear Oil yang dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal pada gir di motor matik. Dengan kode GL-5 merupakan spesifikasi yang dirancang khusus untuk pelumasan roda gigi dan SAE 80W-90 menjadi pilihan kekentalan yang tepat untuk kondisi iklim tropis di Indonesia.

LEAVE A REPLY