Ini Alasan Kenapa Mobil Tua Tidak Bisa Diasuransikan

0
asuransi mobil tua

ROCKOMOTIF, Jakarta – Bicara mengenai asuransi kendaraan, seperti mobil, rupanya tidak semua mobil bisa diasuransikan loh! Terlebih usia mobil yang sudah masuk dalam kategori tua atau retro.

Ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh mobil itu sendiri, salah satunya adalah usia mobil yang tidak lebih dari 12 tahun. Andai mobil Anda sudah berusia 12 tahun atau lebih, maka sayang sekali mobil tersebut tidak bisa diasuransikan.

L Iwan Pranoto, SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, menjelaskan mengapa batasan usia menjadi salah satu kriteria yang harus diperhatikan dalam mengasuransikan kendaraan.

Baca juga: Bisa Klaim Asuransi Saat PSBB, Dikerjakan Setelah Pandemi

“Ya mobil retro tidak bisa kita terima. Karena biasanya, batas usia yang kita terima adalah 12 tahun. Lebih dari 12 tahun, ya maaf kita tidak bisa mengasuransikannya,” ujar Iwan dalam video conferencenya.

Bagi pihak asuransi, hal tersebut lebih mengarah kepada ketersediaan suku cadang. Karena, prinsipnya adalah asuransi akan membuat mobil konsumen tetap bagus dan terlihat menarik.

“Karena spare part original sudah susah dicari, kami tidak bisa menjanjikan mobil konsumen kembali cakep. Padahal itu kan janjinya asuransi. Kalau tidak bisa memastikan janji itu bisa dipenuhi, mending enggak usah berjanji,” tandas Iwan.

LEAVE A REPLY