Ducati Siap Benamkan Teknologi MotoGP ke Superbike Terbarunya

0
teknologi motogp ducati

ROCKOMOTIF, Bologna – Setelah menggebrak dunia otomotif melalui kehadiran mesin berkonfigurasi V untuk superbike-nya, kini Ducati juga akan menyematkan teknologi baru untuk motor terbarunya.

Mengutip dari beberapa informasi, Ducati, akan menyematkan teknologi seamless shift gearbox yang biasanya diadopsikan pada motor MotoGP. Dengan teknologi tersebut, maka konsumen nantinya bisa melakukan perpindahan gigi dengan lebih mulus serta tanpa adanya jeda saat perpindahan tersebut.

Penggunaan teknologi tersebut sejatinya sama seperti yang digunakan oleh Honda melalui Dual Clutch Transmission (DCT). Namun, pada teknologi yang diusung oleh Ducati ini, mereka tidak menggunakan kopling ganda.

Baca juga: Ducati Rilis Sepeda Listrik, Harganya Rp 27 Jutaan

Model yang nantinya akan mengadopsi teknologi tersebut adalah Panigale. Di mana, teknologi yang akan disematkan menggunakan gearbox balap yang dicangkok dari model motor MotoGP Ducati Desmosedici 19.

Berbekal penggunaan teknologi tersebut, Ducati, juga akan memasangkan perangkat khusus di bagian belakang untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan oleh sistem pengoperasiannya.

Jika melihat teknologi ini, sejatinya bukan barang baru. Sebelumnya, Yamaha, juga pernah mematenkan teknologi tersebut yang rencananya akan dibenamkan pada Yamaha R1. Namun, hal tersebut tak kunjung tiba dan belum direalisasikan oleh pabrikan dengan logi garputala tersebut.

LEAVE A REPLY