Ini Kota Dengan Tata Kelola Keselamatan Terbaik di Indonesia

0
kota
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kota atau Kabupaten dengan tingkat keselamatan lalu lintas yang baik tentu menjadi impian bagi seluruh warganya. Karena itulah Adira Insurance terus menggiatkan Indonesia Road Safety Awards (IRSA) bagi kota / kabupaten di seluruh Indonesia.

Tahun ini, IRSA sudah memasuki tahun kelima dan diikuti oleh 120 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Dari 120 peserta itu, sebanyak 23 kota dan kabupaten terpilih menjadi finalis IRSA 2017.

Hal ini berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Dari 23 itu, terpilihlah kota / kabupaten dengan tata kelola keselamatan yang paling baik. Berdasarkan penilaian dari juri yang terdiri dari perwakilan kementerian lima pilar keselamatan dan juga para pakar road safety lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasionan (BAPPENAS), Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, SE.,M.UP.,Ph.D. mendukung sekali dengan adanya IRSA ini. Karena menurutnya menekan angka kecelakaaan lalu lintas menjadi tanggung jawab semua pihak. Dan rendahnya angka kecelakaan menjadi indikator kemajuan suatu negara.

“Saya harap para pemenang IRSA 2017 ini bisa menginspirasi kota atau kabupaten lain dalam penerapan tata kelola keselamatan jalan,” ujar Bambang dalam sambutannya yang membuka penghargaan IRSA 2017 ini, Kamis (7/12 ) di Jakarta.

Bagi Adira Insurance sendiri melalui Julian Noor, selaku Chief Executive Adira Insurance berharap dengan adanya IRSA mampu mengurangi tingkat kecelakaan. Dan memberikan motivasi bagi para peserta untuk berlomba mengembangkan program-program keselamatan.

“Kami berharap IRSA dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelola keselamatan jaoan dengan lebih baik,” tegas Julian.

Penilaian IRSA selalu mengacu pada lima pilar keselamatan jalan yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia, yakni manajeman keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, dan perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pasca-kecelakaan.

Ini Daftar Kota / Kabupaten Pemenang IRSA 2017

1. Kota Tangerang – Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

2. Kota Semarang – Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

3. Kabupaten Pekalongan – Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

4. Kabupaten Bangka – Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

5. Kota Surabaya – Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2017”

6. Penghargaan Khusus

Semarang – Kota atau Kabupaten Terbaik pada Upaya Meningkatkan Jumlah Pengguna Angkutan Umum

Bogor – Kota atau Kabupaten Terbaik pada Upaya Meningkatkan Kualitas Sarana Pejalan Kaki yang Berkeselamatan

Semarang – Kota atau Kabupaten dengan Program Inovasi Terbaik dalam Upaya Meningkatkan Tata Kelola Keselamatan Jalan

Surabaya – Kota atau Kabupaten Terbaik Pada Upaya Menurunkan Rata-Rata Angka Kecepatan Kendaraan

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY