Review KYB Zeto Tabung Di Yamaha NMax, Pas Buat Touring

3
KYB Zeto tabung
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Bandung – Touring bersama Journalist Max Community adalah momen yang pas untuk merasakan performa shock absorber lansiran KYB yang khusus untuk Yamaha NMax. ROCKOMOTIF mendapat satu set shock KYB Zeto tabung yang merupakan versi upgrade dari Zeto non tabung.

Sebelumnya ROCKOMOTIF memang sudah menggunakan KYB Zeto non tabung untuk menggantikan shock standar NMax yang kerasnya bukan main. Bikin pinggang rontok bro.

Setelah melakukan penggantian di outlet Shop&Bike yang merupakan outlet resmi milik Astra Otoparts selaku distributor resmi KYB di Indonesia. Impresi awal memang setingan standar KYB Zeto tabung ini sedikit lebih kaku dari yang non tabung.

“Kayaba Zeto tabung merupakan tipe yang dikembangkan berdasarkan masukan dari para pengguna Yamaha Nmax yang menginginkan up-grade dari shock absorber  standarnya,” terang Rio Sanggau, Chief Executive Marketing – Astra Otoparts.

Panjang sokbreker – 336 mm – telah disesuaikan dengan kebutuhan pada Yamaha NMax. Tapi untuk jarak main suspensi, Kayaba Zeto non-tabung memiliki travel suspension sejauh 86 mm, sedangkan Kayaba Zeto tabung 80 mm.

Keunggulan dari shock absorber Kayaba Zeto tabung terletak pada penerapan per progresif. Jadi kinerja per terbagi menjadi dua; untuk beban ringan dan berat, sehingga lebih fleksibel dan nyaman digunakan untuk kondisi harian.

Pengaturan tingkat kekerasan per (preload) pun disertakan pada Kayaba Zeto tabung ini. Jadi konsumen dapat menyesuaikan tingkat kekerasan per agar sesuai dengan kebutuhan dan berat badan pengendara.

KYB Zeto

Pengaturannya sendiri berada di sisi atas per dengan cara diputar. Jika diputar searah jarum jam, maka per akan semakin keras. KYB juga menyediakan pen pengunci dengan penggunakan kunci L. Tujuannya, tentu agar setelan preload tidak berubah-ubah ketika digunakan.

Saat menempuh jalur dari Jakarta menuju Maribaya, Bandung, dengan bobot pengendara 79 kg dan barang bawaan di belakang peredaman KYB Zeto tabung ini sangat memuaskan.

Saya tidak melakukan ubahan tingkat kekerasan, tujuannya memang ingin mengetahui seperti apa setingan standar atau bawaan dari Zeto tabung ini.

Enak Buat Touring Bro

Di kondisi jalan yang beragam, kadang mulus kadang penuh dengan lubang yang tidak terlihat, KYB Zeto ini mampu menghasilkan peredaman yang maksimal. Saat menghajar lubang memang terasa sedikit keras, namun tidak membuat motor menjadi kehilangan keseimbangan.

Apalagi saat meliuk-liuk di jalur Wanayasa ke Cikole hingga menuju Maribaya, suspensi KYB Zeto tabung ini memberikan sensasi yang menyenangkan. Tetap stabil walau diajak sedikit rebah. Bahkan di rute jalan beton sekalipun, KYB Zeto tabung mampu meredam permukaan jalan dengan cukup baik.

Dipadukan juga dengan ban Aspira Premio membuat motor NMax milik ROCKOMOTIF menjadi andal di tikungan, bahkan saat kondisi jalan sedikit basah.

Saat dites dengan tambahan penumpang di belakang, ayunan suspensi terasa empuk dan tidak menimbulkan kesan keras. Jalanan berlubang dan berbatu pun dilahap dengan mudah tanpa membuat pengemudi dan penumpang menjadi sakit pinggang.

Peran tabung yang berisi gas Nitrogen pun mampu menjaga kinerja sokbreker, meski digunakan terus menerus selama 6 jam perjalanan. Sifat gas Nitrogen yang dingin, mampu menjaga kekentalan oli sokbreker KYB Zeto tabung.

Jika dibandingkan dengan peredam kejut standar Yamaha Nmax, KYB Zeto memang memiliki rebound yang lebih baik lantaran mengadopsi diameter tabung sokbreker yang lebih besar.

Jika versi Zeto non tabung memberikan peredaman yang lebih lembut namun kurang meyakinkan saat melahap tikungan. Tapi dengan Zeto tabung ini sedikit lebih kaku dengan tingkat peredaman yang lebih baik.

Namun dalam kondisi tertentu, rebound-nya terkadang mengeluarkan bunyi ‘jedug’. Biasanya saat bertemu dengan polisi tidur atau jalan berlubang yang dalam. Meski agak jarang terjadi.

Untuk harga, KYB Zeto tabung dijual Rp 2,41 juta sedangkan KYB non tabung Rp 1,05 juta dan tersedia dengan pilihan warna per hitam, merah dan putih.

suzukiertigahybrid

3 KOMENTAR

  1. shock kyb zeto emang mantep mas. pernah nyobain punya temen dan pas saya cobain lumayan enak meskipun sedikit agak keras. niatnya mau beli, tapi setelah lihat artikel ini. ternyata harga nya cukup mahal juga.

  2. shock kyb zeto emang mantep mas. pernah nyobain punya temen dan pas saya cobain lumayan enak meskipun sedikit agak keras. niatnya mau beli, tapi setelah lihat artikel ini. ternyata untuk harga shock ini lumayan mahal.

LEAVE A REPLY