Pertamina MOR III Ajak Ojek Online ‘Melek’ Blind Spot

0
blind spot
Pertamina memberikan tips bagaimana menghindari blind spot kepada supir ojek online

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Pertamina (Persero) mengakui truk tangki penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) miliknya memiliki sejumlah kekurangan. Di mana dalam hal ini adalah jarak pandang yang sangat terbatas dari sudut sang pengemudi.

Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menggandeng sejumlah komunitas ojek online untuk mewaspadai bahaya area Blind Spot (Titik Buta). Terutama di sekitar mobil tangki Pertamina. Blind spot adalah area di mana supir mobil tangki tidak dapat melihat objek yang ada di area tersebut.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati menjelaskan jika masyarakat bertemu mobil tangki di jalan raya, sebaiknya menghindari Blind Spot ini.

“Jika kita sedang mengendarai kendaraan, ada sudut tertentu di mana supir tidak dapat melihat objek. Hal ini tentu sangat berbahaya apabila mobil tangki akan bermanuver atau jika ada kendaraan lain yang melintas,” ujar Dian dalam siaran resminya, Selasa (2/1).

Baca Juga: SPBU Moh Kahfi Terbakar, Ini Penjelasan Pertamina

Ojek Online Banyak Beredar

Terkait ajakan tersebut pada ojek online, Dian mengatakan karena mereka sering beredar di jalan raya. Dirinya pun berharap dengan bersama-sama untuk lebih waspada dan berhati-hati saat di jalan.

Penyampaian materi ke sejumlah ojek line yang hadir melalui video animasi yang mudah dipahami dan telah diunggah di channel youtube Pertamina. Hal ini tentu memudahkan masyarakat terutama driver ‘ojol’ untuk mengetahui dan membagikannya ke rekan yang lain. Dalam video tersebut disampaikan beberapa tips menghindari blind spot.

“Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kita berada di area tersebut adalah melihat ke kaca spion. Apabila kita bisa melihat wajah supir tangki, maka kita ada di luar blind spot. Tapi jika tidak dapat melihat wajah supir, maka kita berada di area itu,” tutup Dian.

Beberapa tips yang disarankan adalah:
1. Jauhi Area Blind Spot
2. Jaga jarak aman dengan mobil tangki, karena mobil tangki membutuhkan ruang untuk melakukan manuver
3. Jangan memotong jalan di depan mobil tangki
4. Jangan beraktivitas dengan HP selama menyetir

(mth)

LEAVE A REPLY