Teknologi Otonom GM Nantinya Membuat Mobil Tanpa Dilengkapi Setir dan Pedal

0
teknologi Otonom GM
GM Cruise AV ini tidak memiliki setir, pedal gas atau rem, dan juga kontrol manual lainnya
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, San Fransisco – GM (General Motors) membuat rancangan mobil otonom (autonomous) yang lebih canggih lagi, tanpa setir dan tanpa pedal gas maupun rem.

Ini adalah Cruise AV, versi modifikasi dari Bolt EV milik Chevrolet yang sedang diurus ijin untuk legalitasnya ke pemerintah Amerika. Rencananya mobil otonom ini akan digunakan oleh GM untuk menjadi kendaraan komersial ride-sharing di tahun 2019.

Mobil ini juga didesain untuk membantu orang yang tidak bisa membuka pintu, dengan menyediakan perintah suara. Selain itu mobil ini juga akan memiliki fasilitas lain bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam hal pendengaran atau pun penglihatan.

Baca Juga: Seperti Ini Rasanya Menguji Mobil Otonom di Jalan Raya

GM merupakan pabrikan mobil yang bertekad untuk mengembangkan taksi robot (robo-taxis) dalam tiga tahun mendatang di Amerika, Eropa, dan Asia. Begitu juga dengan pabrikan lain seperti Ford yang bekerjasama dengan Postmates Inc untuk menguji mobil tanpa supir untuk mengantarkan manusia, barang, dan juga makanan. Sementara Uber bekerjasama dengan Waymo untuk menguji mobil tanpa awak untuk ride-sharing.

Ijin Sedang Diurus

Presiden GM, Dan Ammann mengatakan jika GM sudah mengajukan pengurusan kepada pemerintah untuk menguji coba mobil produksi yang didesain tanpa setir, pedal dan kontrol manual yang tidak diperlukan lainnya.

GM saat ini sudah meminta kepada National Highway Traffic Safety Administration untuk merevisi 16 peraturan mengenai keselamatan. Seperti adanya airbag yang biasanya ada di setir, tapi kali ini tanpa setir. Agar Cruise AV ini mendapat ijin pengujian.

Pabrikan ini juga telah mengajukan ijin kepada negara bagian di Amerika. Tapi menurut GM, mereka sudah mendapat ijin di tujuh negara bagian. Tapi GM menolak untuk mengatakan negara bagian mana yang akan menjadi tempat mereka untuk menguji Cruise AV ini.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY