Toyota Tolak Android Auto dan Apple Carplay, Lebih Pilih Amazon Alexa

0
amazon alexa
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Las Vegas – Toyota tetap bersikeras untuk menolak adanya fitur Android Auto dan Apple Carplay untuk semua model-model premiumnya termasuk Lexus. Tapi pabrikan Jepang ini malah lebih memilih Amazon Alexa di dalam kabin Toyota dan Lexus.

Di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018 ini, menjadi tempat diumumkannya jika Amazon Alexa akan tersedia di beberapa model Toyota dan Lexus mendatang. Adalah aplikasi Enform App Suite 2.0 dan Entune 3.0 App Suite yang akan dibenamkan ke dua produk Jepang ini.

Dengan aplikasi ini, pengendara akan dimanjakan oleh Alexa. Karena hanya tinggal dengan menggunakan perintah suara saja, pengemudi dapat menentukan arah pulang dan mengontrol smart home mereka. Sebagai contoh, pengemudi bisa memberitahu Alexa untuk menyalakan lampu ruang tengah ketika pemiliknya tiba di garasinya.

Baca Juga: Toyota dan Mazda Bangun Pabrik US$ 1,6 Milyar di Alabama

Popularitas Asisten Digital

Asisten digital ini memang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan beberapa pabrikan mobil pun telah mengintegrasikan teknologi ini ke dalam mobil mereka. Jeep sudah membekali Cherokee 2018 dan BMW berencana untuk memakai Alexa pada model BMW dan MINI pada tahun ini.

CEO Toyota Connected berkata “Perintah suara secara cepat menajdi populer dan melalui integrasi kami dengan Amazon Alexa, konsumen Lexus dan Toyota sebentar lagi akan bisa bicara dengan mudah ke Alexa di dalam mobil mereka sambil berkendara.”

Pernyataan Toyota ini kemudian disambut oleh bos otomotif Amazon Alexa John Scumniotales yang menyatakan. “Visi kami untuk Alexa adalah harus ada di mana pun konsumen menginginkannya. Di rumah, di kantor, di smartphone, dan di mobil. Integrasi ini berarti konsumen bisa berinteraksi dengan Alexa secara virtual di mana pun mereka bepergian.

Baca Juga: Siap-Siap Iklan Masuk ke Dalam Layar Infotainment Mobil Anda

Berarti bisa ada di mobil Toyota sama Lexus yang dijual di Indonesia nih. Tapi teknologi smart home nya sepertinya belum terlalu populer ya di Indonesia. Lagian Toyota juga belum memastikan Amazon Alexa ini bakal hadir di produknya yang mana. Siapa tahu cuma ada di produk yang malah tidak dijual di Indonesia.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY