Channel Youtube Toyota Melejit, Masihkah Butuh Peran Youtuber?

0
Youtube toyota
Raih 100 ribu subscriber, masihkah Toyota butuh Youtuber?
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tren penggunaan media Youtube sekarang ini ternyata juga menjangkit ke pabrikan mobil. Kirain pabrikan otomotif ini hanya membayar para artis-artis Youtube saja jika ingin mempromosikan produk mereka. Seperti yang sedang marak di “jaman now” ini.

Ternyata peran artis-artis dadakan dari Youtube ini tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mengapa? Karena TAM sendiri memiliki akun Youtube Toyota Indonesia yang baru saja meraih tombol perak yang didamba-dambakan oleh para artis dadakan ini.

Ya, tombol perak atau kerennya Silver Play Button ini berarti jumlah pengikut Toyota Indonesia sudah mencapai 100 ribu akun. Pencapaian ini menjadi istimewa karena TAM menjadi satu-satunya pabrikan mobil yang mampu meraih tombol perak ini di Indonesia.

“Pemanfaatan kanal Youtube, website dan social media kami harapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam menjaga eksistensinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional,” ucap Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto.

Baca Juga: Para Pemilik Toyota Innova Ini Sering GATELL

Kanal Youtube Toyota Indonesia yang mulai ditayangkan pada 2010 lalu berhasil menembus angka pengikut 100 ribu pada 19 Oktober 2017.

Selain Youtube Channel dan website, TAM juga memanfaatkan penggunaan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Karena menurut survei Google, pemanfaatan saluran digital (online) oleh calon konsumen sangat besar dalam upayanya mencari informasi untuk memiliki mobil idamannya.

Bahkan survei tersebut juga mengungkapkan, pemanfaatan keberadaan saluran digital juga akan mempengaruhi masa depan bisnis dan industri otomotif nasional ke depannya.

Ketergantungan Kepada Sosial Media

Eksistensi TAM di era digital sendiri dimulai dari pembentukan official website pada tahun 1996. Bahkan di tingkat Toyota global, website TAM pun tercatat sebagai yang terbesar ketiga di dunia.

Hingga 30 Januari 2018 lalu, berdasarkan data yang dihimpun oleh trafficestimates.com, traffic website TAM telah dikunjungi hampir 975 ribu visitor.

Untuk channel Youtube Toyota Indonesia hadir sejak 29 Maret 2010 lalu, jumlah subscribernya hingga 15 Februari 2018 telah mencapai 116 ribu dengan 232 video.

Channel Youtube Toyota Indonesia menduduki peringkat ke-3 diantara channel Youtube Toyota di seluruh dunia setelah US dan Jepang.

Namun jika di lihat berdasarkan rata-rata penonton. Video Youtube Toyota Indonesia memiliki rata-rata penonton terbanyak karena setiap satu video ditonton lebih dari 200 ribu.

Sedangkan untuk sosial media berdasarkan data per 15 Februari 2018, ada 1,45 juta likes di akun Facebook Toyota, juga lebih dari 160 ribu followers Twitter di ToyotaID dan 162 ribu followers di instagram ToyotaID.

Di Indonesia, akun instagram dan twitter Toyota Indonesia mendapatkan followers tertinggi jika dibandingkan dengan akun otomotif ATPM lainnya di Indonesia.

Jadi masih butuhkah Toyota Indonesia dengan bantuan artis-artis Youtuber atau yang akrab disebut para influencer di sosial media ini?

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY