Premium Langka di Depok? Kata Pertamina Itu Hoax!

0
premium langka
Stok Premium langka ditepis oleh Pertamina (foto/aktual.com)
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Makin maraknya pemilik kendaraan mengonsumsi bahan bakar jenis Pertalite, membuat anggapan miring bahwa Pertamina bakal ‘menggusur’ BBM jenis Premium makin nyaring. Terlebih lagi kini pengguna sepeda motor maupun mobil makin banyak mengisi BBM jenis Pertamax series.

Tentunya hal tersebut dilakukan agar performa kendaraannya makin mumpuni, dan ruang mesin menjadi bersih. Untuk itulah, PT Pertamina (Persero) terus melakukan penambahan kantong-kantong suplainya, agar kebutuhan BBM Pertamax series kian terjamin.

Kembali ke soal kelangkaan Premium, daerah yang disinyalir mengalami kelangkaan adalah Depon, Jawa Barat. Hal tersebut disanggah oleh Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari bahwa PT Pertamina (Persero) memastikan kesedian pasokan premium di Depok aman dan tidak mengalami kelangkaan.

Baca Juga: Bensin Mahal Ternyata Laku Keras di Sulawesi Tengah

Dian mengatakan Pertamina menyediakan Premium di hampir seluruh SPBU di wilayah Depok. Tidak kurang dari 35 outlet Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang masih menyediakan BBM Premium di area tersebut.

“Kondisinya Premium tetap kami sediakan di pasaran bahkan tidak terjadi kelangkaan. Kami pun melihat saat ini masyarakat pun mulai beralih untuk konsumsi BBM umum yang lebih baik kualitasnya. Kebanyakan masyarakat mengatakan bahwa BBM umum dirasa lebih baik untuk performa mesin kendaraan dan lingkungan,” ujar Dian.

Tidak Boleh Langka

Ia menambahkan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014, ada beberapa jenis pengkategorian BBM yaitu BBM Tertentu, BBM Penugasan dan BBM Umum. Jenis BBM Tertentu adalah jenis BBM yang disubsidi terdiri atas Minyak Tanah (Kerosene) dan Minyak Solar (Gas Oil).

Sementara untuk jenis BBM Penugasan yaitu jenis BBM Premium yang didistribusikan di wilayah penugasan. Dimana wilayah BBM Penugasan meliputi Seluruh Indonesia selain Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Jenis BBM Umum adalah BBM yang mempunyai jenis, standar dan mutu (spesifikasi) tertentu dan tidak diberikan subsidi. Seperti Pertalite, Pertamax Series, Dexlite dan Pertamina Dex. Termasuk untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali), Premium yang dijual bukanlah merupakan BBM khusus penugasan, namun masuk kategori BBM umum.

“Kami pun menghimbau masyarakat untuk dapat menghubungi contact center Pertamina di 1 500 000,” tutupnya

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY