Kia Sportage Facelift Untuk Rayakan Usia Seperempat Abad

0
kia sportage facelift
Kia Sportage sudah terjual 5 juta unit sejak generasi pertama di 1993

ROCKOMOTIF, Seoul – Tahun ini telah memunculkan tonggak sejarah baru bagi produk SUV asal Korea, Kia Sportage. Yup, tahun 2018 Sportage telah memasuki usia ke-25 dengan berbagai pencapaian positif di dunia.

Salah satu catatan positifnya, sejak dirilis pertama kali pada 1993, SUV yang sudah ‘melahirkan’ empat generasi di dunia ini berhasil membukukan angka penjualan hingga lima juta unit.

Atas dasar itulah Kia pun mengumumkan bahwa Sportage menjadi salah satu produk hidup terpanjang di jajaran model yang diniagakannya.

Istimewanya lagi dari lima juta unit yang terjual, satu juta unit telah dilepas ke konsumen hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun terakhir pasca generasi ke-4 diluncurkan.

Langkah Kia Motor Corporation (KMC) untuk ‘menculik’ Peter Schreyer guna mengubah secara total model-model Kia secara keseluruhan sangat berhasil.

Peter mampu membuka mata publik dunia dengan penyegaran signifikan pada desain dan aura khas Eropa pada produk-produk Kia.

Baca Juga: Kia Gantikan Nissan Jadi Sponsor Resmi Liga Champions dan Liga Eropa

“Kami sangat bangga telah mencapai tonggak sejarah dalam produksi dan penjualan terbaik kami di dunia,” kata Ho Sung Song, kepala operasi global Kia, seperti dilansir oleh laman Autoevolution.

“Popularitas yang terus berlanjut dari Sportage menunjukkan kehandalan dan kekuatan daya tarik yang positif bagi konsumen di seluruh dunia,” tambah Sung.

Kia Sportage facelift tertangkap kamera sedang diuji di Korea

Segmen SUV Terus Diminati

Generasi keempat Sportage telah diluncurkan di dunia pada Frankfurt Auto Show, September 2015, dan mulai dipasarkan ke publik sebagai model 2016.

Model tersebut cukup positif diserap seiring terus meningkatnya minat publik dunia pada segmen SUV kala itu.

Bahkan JATO Dynamic melaporkan dari 86 juta unit lebih yang terjual di dunia sepanjang 2017 lalu, 34% nya merupakan produk SUV. Jumlah tersebut merupakan persentase terbesar yang pernah diraih di segmen tersebut.

Bagi Kia, peningkatan konsumen pada segmen SUV turut pula berimbas pada Sportage. Dengan fenomena itu, Sportage bahkan mampu melampaui penjualan Rio sebagai model terlaris dunia pada 2016 dan 2018.

Baca Juga: SUV Mewah Ini Bisa Jadi Pilihan Mobil Dinas Presiden Jokowi

Dari empat generasi yang dirilis, Kia mengklaim Sportage gen keempat menjadi yang paling sukses.

Kabar bakal diluncurkannya versi facelift model terakhir makin santer terdengar. Isu yang tercium, model ini kemungkinan besar ditawarkan dalam versi hybrid ringan 48V. Kabarnya saat ini model tersebut dalam proses pengembangan.

Tak hanya itu, model facelift itu juga akan menggelontorkan mesin yang lebih ‘mungil’ berkonfigurasi 1.4L turbocharge. Kia berencana memperkenalkannya akhir tahun ini.

“Diharapkan kedua model dari generasi saat ini akan melanjutkan tren dalam dua tahun terakhir ini,” tutup Sung.

LEAVE A REPLY