Ini Yang Membuat Harga Honda Gold Wing Mencapai Satu Milyar Lebih

0
honda gold wing
Presiden Jokowi bilang kalau Honda Gold Wing ini cocok untuk Paspampres. Kode nih AHM
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini menjadi waktu yang tepat bagi Astra Honda Motor (AHM) untuk meluncurkan motor besarnya.

Tidak tanggung-tanggung, harga motor ini mencapai lebih dari Rp 1 milyar. Ya, harga Honda Gold Wing ini Rp 1,010 milyar sudah termasuk pajak wilayah Jakarta.

AHM sendiri mengatakan jika Gold Wing ini menjadi pelengkap bagi jajaran big bike Honda di Indonesia.

“Pasar big bike Honda semakin meningkat dalam tiga tahun terakhir di Indonesia. Sebagai model flagship AHM sudah punya model adventure dan sport,” ujar Thomas Wijaya selaku Direktur Marketing AHM di IIMS, Kamis (19/4).

Untuk itu menurut Thomas, Honda butuh model touring untuk melengkapi gaya hidup konsumen big bike Honda di Indonesia.

“Tumbuhnya penggemar model premium touring dan kami ingin hadir dengan pilihan yang semakin baru. Untuk itu kami membawa Honda Gold Wing untuk melengkapi gaya hidup konsumen kami,” tambahnya.

Honda Gold Wing dibekali dengan mesin 1.800 cc enam silinder

Apa Saja Fiturnya

Apa sih hebatnya motor ini sehingga harganya sangat fantastis? Pertama, desain Honda Gold Wing yang besar tentu membuatnya sangat nikmat untuk diajak touring jarak jauh. Kemudian juga Gold Wing terbaru ini sudah dibekali mesin baru yang lebih bertenaga.

Mengingat dimensi Gold Wing baru ini lebih kompak dari generasi sebelumnya, posisi duduk pengendara yang sedikit lebih maju ke depan. Hasilnya adalah peningkatan kenyamanan dan ergonomis yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Berkat penyematan saluran udara dan windscreen yang dapat diatur secara elektrik melalui tombol di setang kiri, windscreen dapat memberikan perlindungan terhadap angin yang sempurna.

Baca Juga: Ada Fitur Penting Yang Hilang Di Honda Vario Terbaru, Ini Alasannya

Keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED untuk mendukung performa turing model ini. Lampu depan berbentuk “wing lines” baru dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel untuk memudahkan pengendara.

Harganya yang Rp 1 milyar lebih, tentu banyak fitur canggih yang diusungnya. Seperti Honda Smart Key System yang menunjang kenyamanan dan keamanan pengendara.

Sistem bagasi yang user-friendly mendukung kenyamanan saat berkendara. Setiap sisi bagasinya memiliki kapasitas 30 liter, dan bagasi atas berkapasitas 50 liter yang dapat menampung 2 helm full-face.

Keseluruh box menggunakan tutup peredam berkualitas tinggi, terdapat pula rak penyimpanan tengah yang dilengkapi dengan DC Socket untuk power charger & penghubung dengan fitur Apple CarPlay™.

Sistem Honda Smart Key dibutuhkan untuk dapat membuka kunci bagasi sehingga pengguna dapat mengakses bagasi secara lebih mudah serta dilengkapi sistem hidrolis yang memungkinkan proses membuka dan menutup bagasi menjadi lebih smooth.

Sayangnya ketika dikonfirmasi apakah tersedia airbag seperti yang dijual di Eropa, Pihak AHM mengatakan jika model yang pertama ini tidak tersedia.

“Gold Wing akan dijual dengan airbag sama seperti di Eropa. Tapi penjualan awal belum ada airbag,” jelas Jumpei Omori selaku Large Project Leader Honda Gold Wing ini di IIMS, Kamis (19/4).

Honda Gold Wing ini memiliki fitur yang setara dengan mobil mewah

Posisi Riding

Tempat duduk Honda Gold Wing terpisah antara pengendara dan pembonceng sehingga pengendara dapat menikmati mengendarai motor. Sementara pembonceng dapat menikmati sensasi berkendara yang menyenangkan.

Jok motor didesain sehingga nyaman dan suportif saat pengendara melakukan manuver. Model ini juga dilengkapi dengan sistem monitoring tekanan angin pada ban untuk kenyamanan turing yang lebih sempurna.

Dengan konsep modern yang menyeluruh untuk meningkatkan kebanggan berkendara, Honda Gold Wing memiliki fitur canggih dan bergengsi. Mulai dari sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain).

Kemudian ada Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.

Untuk memilih mode riding yang sesuai dengan kondisi perjalanan dapat dilakukan melalui tombol pilihannya terlihat di layar display berwarna sebesar 7 inchi yang mengagumkan. Kecerahan layar display dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.

Sistem Hiburan Seperti Mobil

Untuk hiburan selama perjalanan, sistem audio amplifier pada model ini juga sudah disempurnakan. Speaker berbobot ringan telah disematkan sedemikian rupa agar sesuai dengan posisi duduk pengendara sehingga menghasilkan suara yang jernih.

Honda Gold Wing juga merupakan motor pertama yang dilengkapi dengan Apple CarPlay yang mana menghubungkan motor dengan ponsel iPhone penggunanya untuk menunjukkan peta, kontak, dan musik. Keseluruhan fitur ini dapat diakses melalui layar display dan tersedia juga konektivitas Bluetooth.

Saat ini gyrocompass juga telah disematkan pada Honda Gold Wing sehingga pengendara tetap dapat menggunakan pemandu jalan bahkan saat di dalam terowongan.

Mesinnya Seperti Apa

Dari segi dapur pacu, untuk menopang tubuhnya yang kekar dan lebar, Honda Gold Wing ini hadir dengan mesin tangguh 1.800cc 6 silinder. Mesin yang dipasang secara horizontal berlawanan ini menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya.

Mesin ini juga sudah lebih sempurna dengan lebih kompak, irit dan ringan. Tenaganya mencapai 124,5 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm.

Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Suspensi yang digunakan oleh model ini meliputi sistem suspensi depan double-wishbone baru dan peredam shock depan dan belakang Showa. Untuk kenyamanan yang lebih sempurna, Honda Gold Wing menggunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link dengan reaksi progresif. Redaman suspensi serta preload diatur secara elektronik di model ini.

Sistem pengereman pun telah ditingkatkan melalui pemasangan kaliper depan serta rotor yang lebih besar yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik. Fungsinya untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Honda Gold Wing hadir dengan 2 warna pilihan yakni Candy Ardent Red dan Pearl Glare White yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp 1,010 milyar. Model ini dipasarkan secara eksklusif di 11 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia.

“Tersedia premium servis untuk konsumen Gold Wing, yang tersedia di diler Big Wing kami. Di sana juga sudah ada dyno tes, konsumen juga akan mendapat layanan pickup servis dan towing atau ERA di mana pun konsumen berada di Indonesia,” tutup Thomas.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY